Kesehatan

TRIBUNNEWSWIKI – Fakta Mengenai Sperma

<div ><div id='Penjelasan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Spermatozoa adalah sel reproduksi pada laki laki dan juga terdapat pada sebagian besar hewan jantan. Spermatozoa diproduksi oleh organ reproduksi laki laki yaitu testis.

Spermatozoa atau yang disebut juga denganspermatozoonatau sperma adalah sel reproduksi laki laki yang diproduksi di organ testis (gonad). Tubuh laki laki memproduksi sperma secara konstan, namun secara alami membutuhkan sekitar 74 hari untuk memproduksi sperma baru dalam proses keseluruhan Sperma yang sudah matang dan sehat terdiri dari kepala, bagian tengah (tubuh), dan ekor.

Sperma memiliki ukuran sekitar 50 mikrometer atau 0,05 milimeter dari kepala sampai ekor, sementara sel telur memiliki ukuran yang 30 kali lipat lebih besar. Terdapat sekitar 300.000.000 hingga 400.000.000 sperma yang terkandung dalam setiap ejakulasi namun hanya 1 sperma yang akan membuahi sel telur. Saat sperma berhasil mencapai atau membuahi sel telur atau ovarium wanita, maka akan terjadi proses kehamilan.

Sel sperma membawa 23 kromosom dari proses meiosis. Kromosom adalah molekul yang berisi karakteristik spesifik seseorang. Saat sperma mencapai sel telur wanita yang juga membawa 23 kromosom, maka terdapat 46 kromosom dimana karakteristik keturunan baru tercipta.

<div ><div id='CaraKerjadanProduksi'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Spermatogenesis adalah proses produksi sperma di dalam tubuh laki laki. Prosesnya dimulai dari pelepasan hormon gonadotropin oleh hipotalamus di otak. Hormon gonadotropin ini merangsang hormon luteinizing (LH) dan hormon perangsang folikel (FSH) dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis anterior.

Total durasi spermatogenesis dari awal hingga selesai adalah sekitar 74 hari. Rata rata tubuh laki laki memproduksi sekitar15–200 juta sel sperma per mililiter air mani. Sperma akan rusak dan diserap kembali oleh tubuh apabila laki laki tidak mengalami ejakulasi sperma.

<div ><div id='Morfologi'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Morfologi sperma adalah pembahasan tentang ukuran, bentuk, jumlah, penampilan, dan motilitas sperma yang kemudian berhubungan pada kualitas kesuburan laki laki. Struktur sperma normal dan sehat terdiri dari:

<div >

Donald Trump Cabut Indonesia dari Daftar Negara Berkembang Kurangi Perlakuan Istimewa

Previous article

Ditelusuri Riwayat Jalan Ternyata dari Sini Orang Jepang Kena Virus Corona Sepulang dari Indonesia

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *