Kesehatan

Tips Membersihkan Toilet Agar Kuman Tidak Menyebar

Membersihkan toilet dan kamar mandi merupakan cara ampuh untuk membasmi kuman sumber penyakit. Adapun tips tips yang tepat untuk membersihkan toilet yang pertama adalah yang pertama menyiram seluruh bagian kamar mandi. Kemudian langkah selanjutnya adalah tuangkan pembersih khusus toilet ke permukaan toilet, diamkan sekitar 20 menit, dan kemudian sikat kamar mandi.

Dokter Mikrobiologi Klinis, Dr. dr. Wani Gunardi, SpMK(K) mengingatkan saat menyikat kamar mandi mulai dulu dari spot yang bersih baru ke spot yang kotor. Kalau dari yang penuh kerak dan hitam dulu ke tempat yang terlihat bersih, maka kuman dari tempat kotor itu akan terbawa oleh sikat yang digunakan. “Jadi jangan dari yang kotor pindah ke daerah yang lebih kotor terus ke yang lebih kotor, kumannya kebawa,” tutur dr. Wani saat ditemui di acara Vixal di Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

Kemudian setelah disikat, siram kembali seluruh bagian toilet dan kamar mandi dengan air bersih. Sebaiknya toilet dibersihkan setiap hari supaya kebersihan terjaga, harum dan higienis. Jangan sampai ada kerak kerak menempel yang menandakan berkumpulnya kuman kuman. “Yang tadi pasti ada bau, berkerak iru sarang bakteri dan virus ditempat yang permukaanya tidak rata itu akan lebih mudah nempel bakteri dan kotoran,” pungkas dr. Wani.

Kemudian sedialan juga di kamar mandi dan toilet tersedia air bersih dan sabun untuk mencuci tangan sehabis membuang kotoran di kamar mandi, dan tidak lupa pastikan juga ada tempat sampah.

Pembersih Dudukan Toilet Tidak 100 Persen Membasmi Kuman

Previous article

Penolakan Serikat Pekerja Pertamina Terhadap Ahok Dinilai Berlebihan

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *