Lifestyle

Tips Jaga Hewan Peliharaan Agar Tak Rentan Kena Penyakit Menurut Dokter Ahli

Sejak dulu, memelihara hewan di rumah telah dilakukan oleh banyak keluarga di dunia. Umumnya, hewan yang dipelihara adalah binatang yang tidak membahayakan manusia. Misalnya anjing dan kucing.

Mereka termasuk binatang jinak yang mudah disayangi pemiliknya. Hewan seperti anjing dan kucing pun banyak ditemui di toko hewan peliharaan. Meski demikian, memungut dan merawat anjing serta kucing liar di jalanan pun tak masalah, asal dilakukan secara benar.

Perawatan hewan peliharaan wajib dilakukan. Bila tidak, maka hewan peliharaan bisa rentan terkena penyakit. Untuk itu, perawatan hewan amat diperlukan agar hewan yang disayangi bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Lantas bagaimana merawat hewan peliharaan agar tidak rentan terkena penyakit? Menurut praktisi hewan, drh Yudityan Efri dari Klinik Hewan Odhera Pet Care di Kota Surakarta, Jawa Tengah, ada tiga upaya yang bisa dilakukan. Berikut penjelasan lengkap dari drh Yudityan Efri untuk mencegah hewan peliharaan agar tak rentan terkena penyakit:

Kebutuhan dasar dari hewan tentu bermacam macam. Di antaranya kebutuhan untuk makan dan minum, tempat tinggal atau kandang dan kebersihannya. Menurut Efri, sapaannya, penting untuk menyediakan kandang bagi hewan peliharaan di lingkungan yang bersih.

Termasuk memberi makanan dan minuman yang berkualitas. Selain itu, ia juga menyarankan agar pemilik hewan menyediakan tempat berteduh supaya hewan peliharaannya dapat terkontrol dengan baik. "Sediakan tempat berteduh, jangan dibiarkan."

"Jadi kita dapat mengawasi hewan agar benar benar terkondisikan," tambahnya. Maksimalkan program kesehatan setelah kebutuhan dasar hewan peliharaan dapat terkondisikan dengan baik. Efri melanjutkan agar hewan mendapatkan program kesehatan secara rutin.

"Maksimalkan perawatan hewan dengan program kesehatan." "Ada program harian, mingguan, tahunan, jadi seperti check up kesehatan," kata Efri. Program harian di antaranya seperti tak lupa memberi makan dan minum, dan mengganti alas kandang jika kotor.

"Kalau mingguan dimandikan, apalagi kalau memiliki hewan yang berbulu lebat," ungkapnya. Untuk program kesehatan bulanan, Efri menganjurkan agar hewan peliharaan diberikan vaksin dan obat cacing secara berkala. Tak lupa, berikan obat anti parasit jika hewan peliharaan terpapar parasit.

Bisa juga memberikannya sebagai bentuk pencegahan. "Jangan lupa program bulanan, dijaga kebersihan hewan dengan rutin memberi obat seperti obat anti kutu, obat anti cacing, dan anti parasit," terangnya. Lebih lanjut, terkait program kesehatan tahunan, Efri juga menyarankan agar wajib memberikan vaksinasi ulangan dan perawatan tambahan yang disarankan seperti scaling gigi dan hematologi darah.

Menurut Efri, sebagus apapun hewan peliharaan, pemilik harus tetap menjaga kebersihan. "Jangan lupa sebagus apapun kucing atau anjing di rumah, kalau habis mengelus elus cuci tangan." "Itu pentingnya higienitas," ujar Efri yang memiliki klinik di Jalan Dr Rajiman, Pajang, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta itu.

Sebagai bentuk perawatan berikutnya, Efri mengatakan, pemilik hewan harus bertanggung jawab bila peliharaannya sakit. "Kalau hewannya lucu jadi senang, tetapi kalau hewannya sakit juga harus bertanggung jawab," ujar Efri. Untuk itu, Efri mengingatkan agar pemilik hewan memilik moral dan tanggng jawab untuk mengobatinya.

"Mengobati terkadang butuh penanganan khusus, kalau butuh emergency langsung ke dokter hewan," jelasnya. Terakhir, Efri juga mengatakan, semua dokter hewan akan memahami apa yang baik dan tidak baik bagi manusianya meski yang diobati adalah seekor hewan.

Kumpul-Kumpul Lebih dari 5 Orang Ditindak Tegas PSBB Jakarta Berlaku dari Jumat

Previous article

Ini Doa-doa yang Sebaiknya Dilafalkan Malam Nisfu Syaban Jatuh pada 8 April 2020

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *