Pendidikan

Tersisa 2 Hari Lagi! Pendaftaran UTBK Gelombang II Ditutup Hari Senin, Ini Alur Lengkap dan Linknya

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan menutup pendaftaran UTBK gelombang II pada Senin (1/4/2019). Waktu pendaftaran bagi peserta hanya tersisa dua hari lagi. Untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terdapat beberapa alur yang harus dilalui oleh peserta.

Link pendaftaran UTBK ada di akhir berita. Sebelum melakukan pendaftaran UTBK, para peserta wajib memiliki akun LTMPT terlebih dahulu. Untuk membuat akun LTMPT, peserta harus memasukkan beberapa data.

1. Peserta harus memasukkan NISN dan NPSN 2. Peserta memasukkan tanggal lahir 3. Peserta diminta mengisi email

4. Selanjutnya peserta diminta untuk kembali menulis email guna konfirmasi 5. Peserta harus memasukkan password minimal 8 karakter kombinasi huruf dan angka 6. Peserta kembali diminta memasukkan password untuk konfirmasi.

7. Langkah terakhir klik tombol daftar Setelah melakukan pendaftara, peserta akan menerima email konfirmasi untuk melakukan pengaktifan akun. LTMPT menyarankan peserta untuk memeriksa email konfirmasi di folder inbox atau spam.

Apabila sudah memiliki aku maka peserta dapat mendaftar UTBK dengan memasukkan email dan password yang telah terdaftar. Sama seperti dengan SNMPTN, UTBK kali ini juga menyaring siswa bidikmisi. Bagi peserta bidikmisi biaya pendaftaran UTBK digratiskan.

Sementara bagi peserta umum, biaya pendaftaran yakni sebesar Rp 200 ribu untuk satu kali tes. Membuat akun menggunakan NISN dan NPSN di laman pendaftaran UTBK Login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK

Mengunggah pasfoto berwarba terbaru (1 bulan terakhir) dan mengisi data Memvalidasi biodata Jika biodata tidak valid, peserta wajib melaporkan ke sekolah.

Sekolah akan melakukan koreksi dan melaporkan hasilnya ke PDSPK/PENDIS Peserta kembali login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK dan melakukan langkah urut seperti di atas Jika biodata sudah valid, maka peserta harus mengisikan NIK, No HP, dan kebutuhan khusus (jika ada)

Memilih jenis, lokasi, dan sesi UTBK Melakukan permanen data pilihan Mencetak slip pembayaran yang berisi kode bayar

Menerima pembayaran berdasarkan kode bayar serta memberikan tanda bukti pembayaran Login kembali menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK Mencetak Kartu Tanda Peserta UTBK

Selesai Melakukan pendaftaran bidikmisi di laman bidikmisi Peserta yang memenuhi syarat, NISN dan NPSN nya akan di flag oleh bidikmisi

Membuat akun menggunakan NISN dan NPSN di laman pendaftaran UTBK Login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK Mengunggah pasfoto berwarba terbaru (1 bulan terakhir) dan mengisi data

Memvalidasi biodata Jika biodata tidak valid, peserta wajib melaporkan ke sekolah. Sekolah akan melakukan koreksi dan melaporkan hasilnya ke PDSPK/PENDIS

Peserta kembali login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK dan melakukan langkah urut seperti di atas Jika biodata sudah valid, maka peserta harus mengisikan NIK, No HP, dan kebutuhan khusus (jika ada) Memilih jenis, lokasi, dan sesi UTBK

Melakukan permanen data pilihan Mencetak Kartu Tanda Peserta UTBK Selesai

Nilai UTBK akan digunakan untuk melakukan pendaftaran SBMPTN. Peserta UTBK mendapatkan kesempatan maksimal dua kali mengikuti UTBK. Sementara itu pelaksanaan tes UTBK akan dimulai pada 13 April 26 Mei 2019.

Berikut ini link pendaftaran UTBK gelombang II:

Stephen Riady Diangkat Menjadi Anggota Dewan Komisaris Asia Society

Previous article

Mandra: Ada yang Nawari Saya Calon Wakil Bupati

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *