Sport

Start MotoGP 2020 Kembali Mundur Gelaran Mugello & Catalunya Ditunda

MotoGP 2020 kembali mengalami penundaan start setelah dua gelaran diundur yakni GP Italia dan GP Catalan. Awalnya, MotoGP rencananya akan mulai digelar pada 8 Maret 2020 di Qatar. Sayangnya GP Qatar dibatalkan dan hanya melangsungkan Moto2 dan Moto3 saja karena pandemi corona.

Lalu berturut turut, GP Thailand, Amerika Serikat, Spanyol, Argentina dan Perancis juga mengalami penundaan penyelenggaraan. GP Italia yang seharusnya digelar pada 31 Mei di Sirkuit Mugello, seharusnya bisa menjadi pembuka musim ini setelah beberapa race awal dibatalkan. Namun seperti dikabarkan , dengan penundaan nya serta GP Catalan yang digelar di Sirkuit Catalunya juga ikut dibatalkan, maka kemungkinan besar MotoGP 2020 baru akan dimulai pada 21 Juni mendatang di GP Jerman tepatnya di Sirkuit Sachsenring.

Banyak masukan terkait penyelenggaran MotoGP musim ini baru dapat berlangsung pada Juli mendatang. Namun melihat perkembangan grafik virus corona yang belum menurun membuat Dorna Sports memiliki skenario terburuk untuk musim ini. CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta beberapa waktu lalu mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki opsi untuk meniadakan MotoGP jika kondisi tak berangsur membaik.

Namun Carmelo mengaku pihaknya masih memiliki waktu untuk memperjuangkan kompetisi musim ini. Setidaknya MotoGP 2020 dapat melangsungkan 10 hingga 13 kali race. Tentu opsi yang dimiliki oleh CEO Dorna Sports tersebut memiliki beberapa tanggapan dari sejumlah kalangan MotoGP.

Tak terkecuali oleh Razlan Razali selaku Bos dari Yamaha Petronas SRT. Ia mengatakan, jika gelaran Grand Prix musim ini tak akan berlangsung, maka asumsinya Fabio Quartararo akan bertahan bersama di Yamaha Petronas SRT untuk musim 2021. Padahal secara kontrak yang telah disetujui, rider yang berjuluk El Diablo itu akan menggantikan posisi Valentino Rossi di tim Movistar Yamaha di musim depan.

Namun oleh Razlan Razali, ia memiliki asumsi yang berbeda. "Tahun ini kita harus memiliki peluang besar untuk berjuang untuk Kejuaraan Dunia bersama Fabio (Quartararo)," terang Razlan Razli seperti yang dilansir dari "Namun jika musim ini tak tersedia untuk kompetisi MotoGP, maka kami ingin melanjutkan pada 2021 sebagai perjanjian dalam bentuk yang sama."

Ia menambahkan bahwa Yamaha Petronas akan tetap bersama dengan Quartararo jika musim ini tak melangsungkan balapan. "Jika tidak ada balapan, maka saya berasumsi bahwa pada 2021 setiap orang akan menempati posisi sesuai dengan perjanjian 2020." "Kami akan menjaga Fabio bersama kami tahun depan,' tambah Bos Yamaha Petronas SRT tersebut.

Dengan pernyataan sang Bos Petronas SRT, bukan tidak mungkin untuk gelaran MotoGP 2021, Valentino Rossi akan bertahan bersama Yamaha. Razlan tentu tak ingin kehilangan peluang timnya untuk meraih gelar bersama Quartararo untuk terakhir kalinya. Mengingat musim ini adalah kerjasama yang terakhir antara Petronas dan rider asal Prancis, tentu musim ini menjadi ajang pembuktian.

Namun mengingat Dorna Sports telah memiliki opsi terburuk tersebut, maka ia memiliki keinginan untuk posisi ridernya di tahun 2020 akan tetap untuk MotoGP 2021. Terkait kejelasan untuk keingianan Razlan Razli dapat dilihat pada beberapa bulan ke depan, apakah musim ini MotoGP benar benar tak akan melangsungkan race atau justru hanya menggelar 10 hingga 13 balapan. 21 Juni MotoGP Jerman

28 Juni MotoGP Belanda 12 Juli MotoGP Finlandia Agustus MotoGP Rep. Ceska

16 Agustus MotoGP Austria 30 Agustus MotoGP Inggris 13 September MotoGP San Marino

27 September MotoGP Aragon Oktober MotoGP Thailand 18 Oktober MotoGP Jepang

25 Oktober MotoGP Australia November MotoGP Malaysia 15 November MotoGP Americas

22 November MotoGP Argentina 29 November MotoGP Valencia *Untuk GP Spanyo, Perancis, Italia, dan Catalan masih belum ditentukan

Spot Terbaik buat Nikmati Sunrise di Jogja Jelajah Gunung Ireng

Previous article

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Instagramable di Bandung Buat Percantik ‘Feed IG’

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *