Kesehatan

Sederet Manfaat Minum Kopi bagi Kaum Hawa

Banyak orangminumkopi untuk pencegah dan pengusir rasa kantuk. Sebagian pula ada yang menganggap minum kopi merupakan kebiasaanpara pria. Namun, anggapan ini salah. Saat ini makin banyak kaum wanita suka minum kopi karena mereka tahu kandungan kafeindi dalamnya tidak berefek buruk. Ternyata, kopi juga sarat antioksidan yang membantu tubuh menangkal kerusakan akibat radikal bebas. Kopi juga mengandung magnesium, kalium, niasin, kolin, vitamin B2, dan riboflavin.

Tentunya manfaat ini bisa dinikmati dari kopi tanpa tambahan lain (kecuali sedikit gula). Jadi, wanita pun beroleh manfaat dengan mengonsumsi kopi. Tapi jangan lebih dari dua gelas kopi sehari, ya. Berikut aneka manfaat kopi buat wanita, seperti dilansir dari Prevention.com; Senyawa yang terkandung dalam kopi dapat mengurangi sel kanker pada mulut dan gigi, karena kopi memiliki kandungan antibakteri dan antiperekat yang baik.

Kopi juga menangkal pertumbuhan plak pada gigi, mencegah gigi berlubang, dan infeksi pada gusi. Minum kopi yang disaring juga bisa menurunkan risiko kanker payudara di usia dewasa (di bawah 49 tahun), dan penurunan risiko kanker payudara usia manula (lebih dari 55 tahun). Kafein dalam kopi merangsang sistem saraf, yang mengakibatkan aktifnya kinerja jantung, peningkatan sirkulasi darah terutama di otak, serta menyediakan lebih banyak oksigen.

Dampak rutin minum kopi akan membuat kitamerasa lebih bugar dan bisa berpikir lebih baik. Penelitian di Inggris membuktikan, depresi dapat berkurang hingga 20% pada wanita peminum kopi dibanding yang jarang atau bahkan tidak sama sekali. Dopamin dan serotonin yang dilepaskan oleh kafein ke dalam otak memberikan ‘efek membahagiakan’ bagi peminumnya.

Jika kepala sedang pening, cobalah minum secangkir kopi pahit. Kopi memberikan efek menenangkan migrain atau sakit kepala. Ketika terjadi sakit kepala, pembuluh otak memperlebar reseptor rasa sakit. Tekanan darah dan detak jantung meningkatkan tekanan pada dinding pembuluh darah. Kafein dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak, sehingga mengalirkan darah lebih cepat dan mencegah peluasan rasa sakit. Secangkir kopi dapat meringankan sakit kepala migrain.

Meskipun berat badan tidak turun secara signifikan, kandungan kafein bisa membantu menekan nafsu makan atau mencegah kenaikan berat badan. Sebagian besar wanita peminumkopimengaku, rasa kenyang akibat minumkopisering membuat tetap kenyang dan jadi malas makan.

Belum atau Tidak Berniat Baca Cerita KKN di Desa Penari? Bisa Jadi karena Anda Memiliki IQ Tinggi

Previous article

Oegroseno: Semoga Petenis Muda Indonesia Beri Harapan di Kejuaraan Tenis Meja Asia

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *