Lifestyle

Sederet Artis yang Gunakan Nama Sansekerta untuk Anaknya, Ini Artinya

"Nama adalah doa", begitu adagium yang kerap beredar di masyarakat. Beberapa orang tua memberikan nama yang terbaik dengan harapan si kecil bisa tumbuh menjadi pribadi yang sesuai dengan namanya. Ada beberapa nama yang bagus untuk diberikan kepada buah hati. Satu di antaranya dari Bahasa Sansekerta atau Sanskrit, yang merupakan bahasa kuno warisan asli Nusantara. Bahasa ini cikal bakal terbentuknya beberapa bahasa daerah lain, termasuk Bahasa Jawa dan Indonesia.

Bahasa ini sendiri sudah dipakai sejak kerajaan kuno masa lalu. Tak hanya itu, dalam bahasa ini juga ada filosofi yang diberikan nenek moyang kepadagenerasinya. Kini, penamaan dari Sansekerta juga marak dipakai oleh artis Ibu Kota. Terlebih mereka yang berdarah Jawa. Perempuan asli Cilacap ini menikah dengan Ade Imam Prabowo pada 2017 silam. Pernikahannya pun sangat mengusung adat Jawa.

Dari hasil pernikahannya, ia dikaruniai bayi laki laki pada Juli 2018 silam. Vicky Shu dan Ade Imam memberi nama buah hati mereka dengan nama Abimanyu Manggala Nugroho Putro. Abimanyu sendiri merupakan tokoh dalam wiracarita Mahabharata. Ia adalah putra Arjuna dan Subadra.

Abimanyu terdiri dari dua kata Sanskerta, yaitu abhi (berani) dan man'yu (tabiat). Dalam bahasa Sanskerta, kata Abhiman'yu berarti "ia yang memiliki sifat tak kenal takut" atau "yang bersifat kepahlawanan". Sementara Manggala, yang juga Bahasa Sansekerta, merupakan panglima atau pemimpin. Dian Sastro menikah dengan Maulana Indraguna Sutowo pada 2010 silam.

Dari hasil pernikahan itu, keduanya dikaruniai seorang putra dan seorang putri. Anak pertamanya bernama Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo. Shailendra sendiri artinya pemimpin dengan pengetahuan luas, sementara Naryama adalah pemimpin.

Sedangkan putrinya bernama Ishana Ariandra Nariratana Sutowo. Ishana artinya kaya. Sementara Ariandra bermakna singa. Putra Iis Dahlia yang juga turut terjun ke dunia hiburan adalah Devano Danendra.

Nama itu disebut berasal dari dua bahasa yang berbeda, yakni Inggris dan Sansekerta. Devano, yang berasal dari Bahasa Inggris, artinya teguh seperti karang. Sementara Danendra, yang berasal dari Sansekerta, adalah penguasa atau raja yang kaya raya.

Nina Zatulini dipersunting Chandra Tauphan Ansar pada 2016 silam. Dari hasil pernikahannya, ia dikaruniai dua orang anak. Anak pertama, yang kini berusia 2 tahun diberi nama Kenzie Naratama Chandra.

Sekilas, nama Kenzie seperti berasal dari Jepang. Padahal, nama itu berasal dari Bahasa Sansekerta. Kenzie sendiri punya arti sebagai pemimpin yang bijaksana. Sementara Naratama, yang juga dari Sansekerta, adalah hal yang utama. Kata Chandra diambil dari nama ayahnya yang punya arti bulan bersinar.

Pasangan artis Titi Kamal dan Christian Sugiono telah membangun rumah tangga sejak 2009 silam. Dari pernikahan itu, keduanya dikaruniai dua orang anak. Anak pertama mereka yang kini menginjak 6 tahun bernama Arjuna Zayan Sugiono.

Arjuna sendiri merupakan nama seorang tokoh protagonis dalam cerita Mahabharata. Ia dikenal sebagai anggota Pandawa yang berparas menawan dan berhati lemah lembut. Putri pasangan artis senior Anjasmara dan Dian Nitami, Sasikirana Zahrani Asmara, kini berusia 15 tahun. Kata Sasikirana yang berasal dari bahasa Jawa ini artinya bulan yang terang.

Sementara Asmara, yang merupakan pemberian dari sang ayah artinya dalam Bahasa Sansekerta adalah cinta dan kasih sayang. Putra pertama Kunto Aji yang lahir pada 2016 ini diberi nama Badha Banyugeni. Dilansir berbagai sumber, Banyu berasal dari bahasa Jawa yang berarti air. Sedangkan Geni punya arti api.

Kunto Aji percaya bahwa air dan api merupakan elemen penting dalam kehidupan.

Kementerian Pertanian Musnahkan 6,1 Ton Benih Jagung Asal India Mengandung OPTK

Previous article

Jadi Istri Tunggal, Jennifer Dunn Kini Pede Pamer Kemesraan Bareng Faisal Harris: Luar Biasa !

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *