Travel

Sebutan Imlek hanya Ada di Indonesia Bagaimana dengan Negara Lain

Hari ini, Sabtu25 Januari 2020, etnis Tionghoa merayakanTahun Baru Chinaatau yang di negara kita juga dikenal dengansebutan"Imlek". Namun, kalian tahu nggak sih kalau ternyatasebutan"imlek" ini cuma ada diIndonesia? MenurutKepala Kajian dan Riset Asosiasi Peranakan TionghoaIndonesia(Aspertina) Aji Bromokusumo,sebutan“imlek” lahir melalui proses serapan penduduk Nusantara terhadap istilah Hokkian, “yin li”.

Kata "yin li"ini artinya lunar calendar atau kalender bulan. Jaditahun baru Chinaitusama dengan tahun baru Islam karena dihitung berdasarkan peredaran bulan. Sedangkan kata "Imlek" jugadiambil dari penamaan kalender.

"Im" artinya bulan dan "Lek" yaitu penanggalan. Di China sendiri, istilah untuk perayaan ini disebut sebagai “chunjie” yang secara bebas dapat diterjemahkan sebagai festival menyambut musim semi. Sedangkan apabila istilah tersebut diterapkan di Indonesia akan menjadi aneh, karena di Indonesianggakmengalamimusim semi.

Di samping itu, beberapa kalangan keturunan Tionghoa di Indonesia pun kerap menyebut Tahun BaruChina sebagai “sincia”. Penyebutan tersebut sama sama diserap dari dialek Hokkian untuk menyebut “xin zheng” yang dibaca “sin ceng”. Di tempat terpisah, masih menurut Aji, istilah “xin zheng” merupakan singkatan dari istilah “xin zheng yue” yang berarti “bulan pertama yang baru”.

Istilah “zheng yue” sendiri, yang berarti “bulan pertama”, jika diucapkan dalam dialek Hokkian akan berbunyi “cia gwe”. Maka, penyebutan “sincia” merupakan pelafalan ringkas alias kependekan dari istilah istilah tadi.

Ngaku Rasakan Hal Ini Kesaksian Fotografer Ungkap Pernikahan Hanya Dihadiri 11 Tamu Undangan

Previous article

Stok Makanan Terbatas & Menunggu Dievakuasi Curhat Mahasiswa WNI di Wuhan

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *