Internasional

Salah Satu Pendiri Wikileaks, Julian Assange Ditangkap di London Atas Kasus Pelecehan Seksual

Salah satu pendiri Wikileaks, Julian Assange (47), ditangkap di Kedutaan Besar Ekuador untuk Inggris di London, Kamis (11/4/2019). Julian Assange mengungsi di kedutaan sejak tujuh tahun lalu untuk menghindari ekstradisi ke Swedia atas kasus kekerasan seksual. Pihak kepolisian London mengatakan, Julian Assange ditangkap karena gagal menyerahkan diri ke pengadilan dan mengikuti permintaan ekstradisi Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari BBC.com , Presiden Ekuador, Lenin Moreno mengatakan, pihaknya menarik suaka setelah berulang kali melanggar konvensi internasional. Namun, cuitan Wikileaks menyebut bahwa Ekuador telah bertindak secara ilegal dalam mengakhiri suaka politik Julian Assange dalam pelanggaran hukum internasional. Menteri Dalam Negeri Inggris, Sajid Javid dalam cuitannya mengungkapkan jika Julian Assange telah ditangkap oleh pihak kepolisian London.

Sajid Javid juga berterimakasih kepada Ekuador dan kepolisian Inggris telah bekerja secara profesional untuk menangkap Julian Assange. "Hampir 7 tahun setelah memasuki Kedutaan Besar Ekuador, saya dapat mengonfirmasi bahwa Julian Assange sekarang berada dalam tahanan polisi dan menghadapi keadilan di Inggris." "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ekuador atas kerjasamanya & @ metpoliceuk untuk profesionalisme. Tidak ada yang di atas hukum" tulis Sajid Javid dalam Twitternya @sajidjavid.

Perlu diketahui, Julian Assange mendirikan Wikileaks pada tahun 2006 silam dengan tujuan memperoleh dan menerbitkan dokumen dan gambar rahasia. Organisasi itu menjadi berita utama empat tahun kemudian ketika merilis rekaman tentara AS yang menewaskan warga sipil dari sebuah helikopter di Irak. Mantan analis intelijen Amerika Serikat, Chelsea Manning ditangkap pada 2010 karena mengungkapkan lebih dari 700.000 dokumen, video, dan kabel diplomatik rahasia ke situs web anti kerahasiaan.

Chelsea Manning mengatakan, dia hanya melakukan itu untuk memicu perdebatan tentang kebijakan luar negeri, tetapi para pejabat AS mengatakan kebocoran itu membahayakan jiwa. Julian Assange berada di kedutaan Ekuador di London sejak 2012, setelah mencari suaka di sana untuk menghindari ekstradisi ke Swedia atas tuduhan pemerkosaan. Namun, dirinya masih menghadapi tuduhan yang lebih rendah karena melewatkan jaminan pada tahun 2012 dan dia mengatakan ini dapat menyebabkan ekstradisi ke AS karena menerbitkan rahasia AS di situs web Wikileaks.

Ramuan Minyak Zaitun untuk Kuku Rapuh, Begini Cara Menggunakannya

Previous article

Pria Tampan Ini Tersedak Saat Mengunyah Gumpalan Rambut Misterius di dalam Roti yang Ia Makan

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *