Kesehatan

Persiapkan Anak yang Unggul dari 200 Hari Sebelum Pernikahan

— Menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul tidak hanya sejak anak lahir di dunia atau pada 1.000 hari pertama kehidupan tapi juga dari pra kehidupan. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyebutkan sebaiknya disiapkan sejak 200 hari sebelumnya atau mulai darisebelum pernikahan. Persiapan yang dilakukan adalah dengan menyiapkan kondisi fisik yang baik sehingga bisa menghasilkan sel telur yang terbaik.

“Ya jangan harap ciptakan generasi unggul kalau berasal dari sel telur yang suaminya perokok berat misalnya. Siapkan dari 200 hari sebelum konsepsi, kata Hasto di acara Wisuda Angkatan Kedua Akademi Keluarga Hebat Indonesia Tahun 2019 di Kantor Pusat BKKBN, di Jakarta Timur, Kamis (11/12/2019). Hasto menyarankan untuk pasangan yang ingin program memiliki anak mulailah dengan gaya hidup yang sehat termasuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Beberapa nutrisi yang disarankan diantaranya asam solfat dan zinc, dan bisa juga tambah stamina tubuh dengan mengonsumsi multivitamin.

“Kalau sebelum berhubungan seks konsumsi asam solfat, konsumsi asupan yang ada zat zinc nya jadi keluar sel telur yang ungguk nanti,” ungkap Hasto. Maka dari itu dengan adanya sertifikasi yang sedang direncanakan oleh pemerintah diharapkan pihak BKKBN dapat segera terealisasi agar pasangan yang akan menikah bisa teredukasi dengan baik. “‘Maka adanya sertifikat pranikah saya setuju banget nanti kita masukin edukasi disitu, karena mengatasi anemia kan sebelum hamil kalau sesudah hamil nanti telat,” papar Hasto.

Kalau memiliki anak dipersiapkan dengan matang maka permasalahan seperti anak lahir cacat atau tumbuh stunting diharapkan bisa teratasi. Pasalnya berdasarkan data pemantauan status gizi Kementerian Kesehatan tahun 2018, prevalensi balita pendek mengalami peningkatan dari tahun 2016 yaitu 27,5 persen menjadi 29,6 persen pada tahun 2017.

Realme Tawarkan Harga Khusus buat Deretan Produk Ini Momen 12.12

Previous article

Ini Perbedaan Isuzu Traga yang Diekspor menuju Filipina dengan yang Dijual di Pasar Domestik

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *