Metropolitan

Penjual Sembako Viral akan Dijemput dari Kediamannya Terima Penghargaan dari Polres Jakarta Utara

Susanna Indrayani akan dijemput oleh anggota Polres Jakarta Utara (Jakut) dari kediamannya, pada Selasa (10/3/2020) mendatang untuk menerima penghargaan di Mapolres Jakarta Utara. Diketahui, Susanna adalah penjual sembako di Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara, yang sempat viral di Twitter karena menolak pembeli yang berniat memborong dagangannya setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan dua warga negara Indonesia positif terinfeksi virus corona. Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengatakan perihal penjemputan sudah disampaikan kepada Susanna ketika dirinya berkunjung pada Jumat (6/3/2020) lalu.

Dia mengatakan penjemputan dari masing masing kediaman bagi penerima penghargaan oleh Korps Bhayangkara bukanlah hal luar biasa. Budhi mengatakan pihaknya akan menjemput para penerima penghargaan, yakni Susanna dan seorang warga Kapuk Muara yang membantu polisi menangkap pelaku pencurian motor menggunakan mobil patroli. "Memang kami biasanya seperti itu. Jadi masyarakat yang akan mendapat penghargaan itu biasanya diantar dan dijemput oleh Bhabinkamtibmas," kata dia.

Di sisi lain, kedatangannya secara langsung ke toko Susanna disebutnya untuk mencegah yang bersangkutan berpikiran yang tidak tidak ketika pihaknya menjemput pada Selasa (10/3/2020). "Takutnya kalau nggak disampaikan lebih dahulu nanti ketakutan, dikiranya mau ditangkap polisi. Makanya kita datang dan menyampaikan terlebih dahulu undangan itu," tandasnya. Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengatakan pihaknya tak hanya memberikan penghargaan kepada penjual sembako di Teluk Gong yang viral yakni Susanna Indrayani, pada Selasa (10/3/2020) mendatang.

Budhi mengatakan pihaknya juga akan memberikan penghargaan kepada seorang warga dari Kapuk Muara, Jakarta Utara. Penghargaan akan diberikan kepada warga Kapuk Muara tersebut karena dia membantu kepolisian dalam menangkap pelaku pencurian motor (curanmor). Budhi menyebut Susanna dan warga Kapuk Muara tersebut akan sama sama menerima piagam penghargaan, saat Polres Jakarta Utara menggelar apel pada Selasa (10/3/2020) pagi.

"Warga Kapuk Muara ini yang kemarin membantu tugas kami menangkap pelaku curanmor. Jadi itu sekalian, tidak hanya Bu Susanna saja tapi warga lainnya yang juga memenuhi kriteria," jelasnya. Sebelumnya diberitakan, Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi Susianto akan memberikan penghargaan kepada Susanna Indrayani, penjual sembako di Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara, yang sempat viral di Twitter, pada Selasa (10/3/2020) mendatang. Diketahui, Susanna viral karena menolak pembeli yang akan memborong sembako di toko miliknya, setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua orang warga negara Indonesia positif terinfeksi virus corona.

Budhi mengungkap penghargaan yang diberikan kepada Susanna sesuai dengan peraturan Kapolri, yang dapat memberikan penghargaan, baik kepada anggota Polri maupun kepada masyarakat. Menurut Budhi, aksi yang dilakukan perempuan berusia 57 tahun tersebut memenuhi salah satu kriteria yang dimaksud. Sehingga pihaknya dapat memberikan penghargaan kepadanya. Pemilik toko sembako 'Toko Erwin' itu, kata Budhi, menjadi contoh bagi masyarakat dan pedagang lainnya melalui aksinya yang tulus dan ikhlas.

"Bahwa disaat situasi darurat, situasi dimana dia bisa mengambil keuntungan tapi itu tidak dia lakukan. Dia tetap melayani pembeli dan tetap menjual barang dengan harga normal," jelasnya. Apresiasi tinggi diberikan Budhi kepada Susanna yang tidak tergiur untuk menjual dagangannya dengan harga tinggi. Apalagi ada pembeli yang berniat memborong dan berani membayar lebih dari harga normal.

"Walaupun saat itu ada calon pembeli yang bukan langganannya dan ingin memborong sembako dengan harga yang cukup tinggi, tapi Bu Susanna tidak tergiur dan goyah dengan rayuan seperti itu," kata Budhi.

Tinggal di Australia Kini Hidupnya Berubah Mantan ART & TKW Asal Blitar Dinikahi Bule dari Eropa

Previous article

Tonton di HP Gratis Arema FC vs Persib Bandung di Liga 1 2020 Live Streaming TV Online Indosiar

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *