Nasional

Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ardi-Ardan Berhasil Dilakukan Setelah 5 Jam

Proses operasi pemisahan bayi kembar siam Ardi Firdaus dan Ardan Firdaus telah selesai dilakukan oleh tim dokter gabungan yang bertempat di Rumah Sakit Anak Bunda Harapan Kita, Jakarta Barat, Sabtu (16/11/2019). Ketua Tim Operasi, Dr. Edi Jo Siswanto menjelaskan operasi pemisahan Ardi Ardan membutuhkan waktu selama 5 jam 36 menit. Operasi sendiri, dikatakan Edi, dimulai saat Ardi Ardan mulai dibawa ke kamar operasi pada pukul 6.45 WIB. Lalu kemudian sayatan pertama dilakukan tim dokter pada pukul 10.24 WIB.

"Kurang lebih satu jam 15 menit setelah sayatan pertama, pada pukul 11.40 WIB, hati (Ardi Ardhan) yang pada saat awal menjadi satu kemudian berhasil dipisahkan seluruhnya. Lalu dilanjutkan pukul 12.12 WIB, bagian belakang juga sudah mulai terpisah," kata Edi di RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat, Sabtu (16/11/2019). Kemudian, Edi melanjutkan, tim dokter melakukan rekonstruksi dinding dada, bedah plastik, dan penutupan perut primer terhadap bayi Ardi dan Ardan Rangkaian rekonstruksi tersebut dimulai pada pukul 13.00 sampai 14.50 WIB.

"Pukul 16.00 WIB operasi bayi Ardi selesai, keseluruhan penyayatan berlangsung 3 jam 60 menit. Setelahnya bayi Ardi langsung dibawa ke ruang PICU (Pediatrix Intesive Care Unit), sedangkan bayi Ardan sedang dalam proses selesai. Dokter bedah plastik masih melakukan tugasnya untuk melakukan penutupan saat saat akhir," pungkas Edi Operasi pemisahan bayi Ardi Ardan ini kurang lebih 30 dokter spesialis yang berasal dari berbagai macam rumah sakit. Direktur RSAB Harapan Kita dr. Didi Danukusumo merinci dokter spesialis yang dilibatkan antara lain dokter dokter dari Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, RSCM Jakarta Pusat, Pusat Kanker Nasional Dharmais, dan RSPAD Gatot Subroto.

Seperti diketahui, jalan panjang operasi pemisahan bayi Ardi dan Ardan ini bermula dari orang tua Ardi dan Ardan Hesti Novianti yang membuka penggalangan dana di platform penggalangan danaKitabisa.com. Penggalangan dana yang dibuka 23 Agustus 2019 itu pun viral. Karena itulah mereka mampu mengumpulkan dana sebesar Rp1,1 miliar untuk operasi buah hati pasangan tersebut.

Kemenkumham Capai 77.614 Pelamar Update 5 Instansi CPNS 2019 Paling Diminati

Previous article

Bisa Meningkatkan Nafsu Makan 5 Manfaat Biji Buah Melon buat Kesehatan

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *