Otomotif

Mengenal Lebih Dekat Konsep Global Support Di MPV 7 Seater Wuling Cortez

Akhir tahun merupakan momen tepat untuk menikmati libur bareng keluarga. Untuk sebagian orang, berlibur dengan membawa kendaraan sendiri memberikan banyak fleksibilitas jika dibandingkan dengan moda transportasi lain seperti kereta api atau bus serta pesawat terbang. Fleksibilitas itu terutama menyangkut kemudahan pilihan memulai perjalanan serta kemudahan memilih rute perjalanan. Tak kalah penting, membawa kendaraan sendiri untuk pergi liburan pastinya lebih menghemat biaya transportasi.

Terlebih jika pilihan kendaraannya adalah jenis kendaraan keluarga semisal mobil berjenis multi purpose vehicle (MPV). Di pasaran, saat ini banyak pilihan mobil MPV 3 baris yang bisa menjadi rujukan. Sebagian adalah brand dari Jepang dan juga Tiongkok. Di segmen low atau small MPV misalnya, ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, dan Nissan Livina. Sementara, di segmen MPV medium ada Kijang Innova dan Wuling Cortez.

Mobil mobil MPV 3 baris ini mampu mengakomodir hingga 7 penumpang dewasa. Untuk MPV medium tentu saja menawarkan ruang kabin yang lebih lega ketimbang low atau small MPV. Untuk kebutuhan membawa bagasi banyak, juga dimudahkan dengan susunan kursi baris belakang yang umumnya bisa dilipat sebagai fitur standarnya. Aspek kenyamanan atau comfortness umumnya menjadi pertimbangan utama saat konsumen memilih mobil jenis MPV untuk keluarga.

Kenyamanan ini yang dimaksud mencakup aspek keempukan suspensi, kursi atau jok yang lembut hingga aspek pengemudiannya. Dari deretan MPV 7 seater yang disebut tadi, Wuling Cortez menarik disimak. Selain lantaran brand baru dari Tiongkok yang dimanufaktur lokal di Jawa Barat, Cortez juga mulai diterima pasar sejak peluncuran perdananya di Februari 2018.

Kemudian Wuling melakukan penyempurnaan melalui varian baru Cortez CT yang dirilis pada Mei 2019 lalu. Mengusung tagline ‘The New Advanced MPV’, Wuling Cortez CT dibekali mesin 4 silinder 1.500 cc dengan Turbocharger keluaran Honeywell. Kompetensinya menghasilkan tenaga maksimal 140 Hp serta torsi 250 Nm. Dalam rangka menyalurkan performa ke roda depan, Cortez CT memiliki dua pilihan transmisi, yaitu manual 6 percepatan untuk tipe C atau Continuously Variable Transmission (CVT) yang tersedia di tipe C dan L.

MPV ini mengadopsi konsep global support pada sejumlah komponen utamanya. Ini membuat Cortez mampu menyuguhkan kendaraan yang andal untuk perjalanan jauh bersama keluarga. Vendor vendor ini dikenal sebagai pemasok komponen kendaraan untuk sejumlah brand otomotif global. Berdasar informasi yang kami himpun, teknologi komponen CVT atau Continuously Variable Transmission) di Cortez, dipasok oleh pabrikan Jerman, Bosch. Bosch juga memasok komponen Electronic Stability Control (ESC) di mobil ini.

Sementara itu, komponen yang membuat pengemudian di mobil ini menjadi enteng, yakni Electronic Power Steering (EPS) dipasok oleh Nexteer, vendor komponen otomotif ternama dari AS. Di komponen mesin, Cortez menggunakan Engine Control Unit (ECU) yang dipasok oleh Continental, vendor komponen otomotif asal Jerman. Sementara, untuk komponen turbocharger nya, Cortez menggunakan komponen dari Honeywell, perusahaan teknologi dari AS.

Untuk fitur keselamatan seperti airbag dan side airbag di MPV ini, Cortez mempercayakan kepada Autoliv, vendor airbag ternama di Eropa asal Swedia. Sementara, untuk komponen Electric Parking Brake (EPB), Cortez menggunakan komponen dari TRW Automotive, AS. Begitu juga untuk komponen ban yang dipasok dari Goodyear.

Unika Atma Jaya Kembali Gelar Social Entrepreneur Marketplace  

Previous article

10 Makanan Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Kucing Meski Mereka Mengeong Ngeong Meminta

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *