Membuat Kitchen Set dengan Budget Rendah
Membuat Kitchen Set dengan Budget Rendah
Lifestyle

Membuat Kitchen Set dengan Budget Rendah

Dapur bagian yang dahulu terletak paling belakang dan tidak terlihat dari ruang tamu. Dapur identitk dengan kotor dan berbagai aroma menusuk yang bercampur. Teknologi yang sudah berkembang pesat, membuat dapur kini tampil menarik dengan adanya desain kitchen set yang indah.

Pada zaman dahulu dapur terpisah dari rumah induk. Banyaknya asap yang dihasilkan dari proses memasak melalui tungku kayu bakar, dapat menggangu pernapasan keluarga jika harus menyatu dengan ruangan lainnya. Padahal dapur merupakan bagian penting dari rumah.  Dari sinilah makanan untuk seluruh anggota keluarga disiapkan.

Untuk anda yang ingin memiliki dapur indah kini banyak pilihan model kitchen set tersedia. Mulai dari model dengan budget tinggi, hingga desain yang ekonomis. Tentu saja tetap memperhatikan syarat kesehatan dapur dan keindahannya.

Ini yang harus anda lakukan untuk mendapatkan dapur sehat dan indah, dengan biaya yang ringan.

Desain
Ini merupakan langkah awal yang penting untuk membuat sebuah dapur yang indah. Anda harus mentukan terlebih dahulu desain yang akan digunakan. Model dapur yang disesuaikan dengan konsep rumah dan selera penghuni.

Jangan memaksakan sebuah desain jika tidak cocok. Hal itu hanya membuat anda merasa kurang nyaman. Saat ini desain minimalis menjadi model yang banyak dipilih. Konsep dapur seperti ini memberikan kesan rapi, bersih, luas dan fungsional.

Material
Jika model kitchen set sudah ditentukan, tahap selanjutnya menentukan material yang akan digunakan. Sesuaikan material dengan desain dan budqet yang anda rencanakan. Jangan tergoda menggunakan material yang tidak sesuai dengan rancangan anda, hanya karena harga. Jika tidak desain dapur yang akan didapat tidak sesuai konsep awal.

Ada beberapa jenis material yang bisa anda pilih

Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.  Diantaranya adalah :

Plywood
Meterial yang terbuat dari kayu ini Lebih dikenal dengan sebutan teriplek. Lembaran kayu tipis yang memiliki ketebalan bervariasi. Material yang kuat dan mudah dibentuk ini, banyak dipilih sebagai material desain dapur. Selain karena kelebihan tersebut material triplek memiliki harga yang murah.

Solid Wood
Material kayu yang satu ini  memiliki karakteristik tebal dan kaku, sehingga agak sulit dibentuk. Selain itu harga meterial yang satu ini tergolong mahal. Tetapi material ini memiliki kelebihan kuat, tahan air dan anti rayap. Hal ini membuat dapur anda akan awet dan tahan lama, serta biaya pemeliharaan relatif lebih murah.

Particle Board
Material yang terdiri dari campuran serbuk kayu  dan potongan kayu yang dipadatkan ini tergolong murah. Tetapi material ini tidak tahan air, gampang rusak serta mudah melengkung jika terus menerus menahan beban berat.

Block Board
Bahan  kitchen set yang terbuat dari potongan potongan kayu kecil yang dipadatkan sehingga membentuk sebuah papan. Material ini memiliki sifat ringan dengan permukaan yang rapi, sehingga sering digunakan sebagai pintu lemari atau laci.

Material kayu ini sering digunakan sebagai bahan membuat desain dapur. Selain harganya yang murah, material ini cukup awet digunakan dengan perawatan yang tepat. Permukaan cepat dikeringkan jik terkena air dan jangan biarkan air membasahi hingga lembab.

Finishing
Tahapan ini merupakan suatu yang paling penting. Desain dapur anda akan tampak Indah dengan finishing yang tepat. Ada beberapa cara finishing yang bisa anda pilih.

High Pressure Laminated (HPL)
HPL dibuat dari kertas craft yang dilaminating menggunakan tekanan tinggi dengan cara pengovenan. Pelapis ini banyak digunakan untuk lapisan interior ruangan, maupun furniture. Motif dan warnanya beraneka ragam. Ada yang menyerupai serat kayu, ada yang berbentuk kaligrafi bahkan ada yang menyerupai marmer.

Pelapis ini memiliki kelebihan gampang dibersihkan sehingga memudahkan dalam perawatan sehari-hari. Membersihkan cukup dengan menggunakan lap yang dibasahi air, tanpa perlu memakai cairan khusus.

Selain itu pelapis ini tergolong kuat, bersifat anti air, fleksibel dan lentur sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan. Dalam proses penempelan pelapis ini tidak berbau seperti pelapis lainnya. Selain itu pelapis ini juga tahan api.

Dengan berbagai kelebihannya sudah wajar jika harga yang ditawarkan untuk pelapis ini agak tinggi. Ini harus menjadi pertimbangan Anda sebelum memilihnya. Jangan sampai biaya membengkak karena pelapis saja.

Taco Sheet
Bahan sintesis dari plastik ini memiliki permukaan yang bertekstur. Motif dan warnanya cukup bervarias dapat di sesuaikan dengan model kitchen set anda. Bahan ini tidak terlalu mahal dijual dalam bentuk meteran. Material pelapis ini juga mudah dibersihkan. Jika terkena air, noda maupun minyak hanya perlu dilap untuk membersihkannya.

Kelemahannya pelapis ini karena terbuat dari plastik menjadikannya tidak tahan panas. Selain itu lama kelamaan, warnanya dapat memudarkan dan menjadi kekuningan. Tetapi material ini cukup sesuai untuk dipertimbangkan sebagai pelapis.

Cat Duco
Finishing yang satu ini menggunakan cat yang disemprotkan menggunakan mesin compressor dan gun spray. Proses pengecatan dilakukan pada bahan mentah sebelum dipasangkan pada dapur anda.

Finishing jenis ini memiliki kelebihan warna warni yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Selain itu cat yang terpasang tergolong kuat dan awet. Hanya saja proses pengecatan harus melalui beberapa tahapan sehingga lama. Selain itu harganya tergolong mahal.

Anda perlu mempertimbangkan bentuk dan luas dapur yang akan di pasang kitchen set . Menggunakanakan jasa profesional tentu hasilnya akan bagus. Tetapi anda bisa juga mencoba membuat sendiri dapur indah anda, melalui referensi yang bisa anda dapatkan di berbagai buku desain interior maupun internet. Selamat memilih.

Pamer Piala Ini Helmy Yahya Buktikan Masih Berprestasi Di Ambang Pencopotan Jabatan

Previous article

Gak Neko-neko Rumah Mewah Ari Askhara Terekspos Tetangga Ungkap Sikap Eks Dirut Garuda di Kampung

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *