Les Gambar, Kenali Tahapan Menggambar Untuk Anak
Pendidikan

Les Gambar, Kenali Tahapan Menggambar Untuk Anak

Menggambar merupakan sebuah aktivitas ekspresif dalam hal membuat gambar dengan menggunakan kertas sebagai medianya. Sementara untuk alatnya yaitu bolpoin, pensil warna, krayon dan juga pensil. Untuk hasil gambarnya ini biasanya tidak ada aliran tertentu. Jadi bila anak punya kesenangan seperti ini maka alangkah baiknya di tempatkan di les anak khusus menggambar supaya hobinya tersalurkan.

Bagi anak usia dini, menggambar itu mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satunya untuk bisa mengembangkan atau menstimulus psikomotorik yaitu motorik halus anak. Untuk menilai ataupun mengevaluasi lingkup psikomotorik anak, adalah dengan observasi ataupun pengamatan langsung. Observasi dalam PAUD ini merupakan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan yang akan dilakukan anak.

Ada juga beberapa ahli pendidikan yang membuat tahapan-tahapan menggambar yaitu sebagai berikut.

Tahap 1

Berupa coretan awal, coretan acak, coretan-coretan yang selalu berhubungan seolah-olah “krayon” tidak akan pernah lepas dari kertas.

Tahap 2

Coretan terarah, tanda-tanda tertentu seperti halnya garis-garis atau titik-titik yang diulang-ulang. Biasanya akan berbentuk lonjong, tanda-tanda itu belum ada yang berhubungan.

Tahap 3

Di tempat les gambar biasanya tahapan seperti ini akan sangat difokuskan. Penambahan pada berbagai bentuk lonjong yang biasa sering ditambahkan di garis-garis dan juga titik-titik. Biasanya garis-garis akan menyebar dari bentuk lonjong dan juga titik-titik di dalam bentuk yang lonjong.

Tahap 4

Pada tahap ini mulai muncul gambar “Kepala Besar” titik-titik dan juga garis-garis dalam bentuk lonjong yang menyerupai wajah. Menggambar di atas kertas pada tahap 1-4 ini merupakan tahapan untuk kelompok Play Group.

Tahap 5

Untuk tahap ini gambar sudah berupa “Kepala Besar” dengan mulai muncul gambar kaki yang mengambang di atas kertas.

Tahap 6

Gambar “Kepala Besar” dengan bagian kaki dan juga bagian badan yang lainnya khususnya tangan, terlihat mengambang di atas kertas. Disini muncul tulisan dalam bentuk. Huruf yang mengambang seperti garis-garis.

Tahap 7

Sebuah “Kepala Besar” yang terlihat bentuknya yang seperti batang sebagai badan. Juga terdapat berbagai anggota tubuh lainnya, mengambang di atas kertas.

Tahap 8

Sebuah “Kepala Besar” dengan bentuk batangnya yang tertutup, bentuk batangnya yang berisi, ataupun bentuk batangnya segi tiga sebagai sebuah badan dan juga anggota tubuh yang lainnya. Mengambang di atas kertas, pada tahap 5-8 ini merupakan tahapan untuk kelompok TK A. Apalagi di tempat les anak khusus gambar maka hal tersebut semakin difokuskan.

Tahap 9

Pada tahap ini berupa gambar rumah sederhana yang menyerupai wajah. Objek-objek sederhana lainnya seperti halnya kupu-kupu ataupun bunga-bunga yang mengambang di atas kertas. Pada tahap ini anak akan sudah bisa mengendalikan tangannya, sudah mempunyai berbagai konsep objek yang digambar. Sehingga pada tahap 9 ini, maka anak baru diperbolehkan untuk bisa mewarnai.

Tahap 10

Bagian paling bawah kertas akan digunakan sebagai garis dasar dan juga gambar-gambar objek yang bisa untuk dikenali ditempatkan di situ. Objek-objek yang ditempatkan secara tepat yang ada di langit, di samping rumah yang ada di bagian paling bawah kertas, dan juga seterusnya.

Tahap 11

Pada tahap ini sebuah garis dasar menopang rumah danatau objek-objek lain. Konsep tanah dan juga proporsi gambar dan lukisan mulai terlihat jelas. Variasi gambar mulai terlihat kompleks ada rumah, orang, pohon, bunga, awan, dan juga binatang.

Dalam melakukan tiap tahapan menggambar itu memang perlu diperhatikan pula hubungannya dengan tema dan juga bidang pengembangan lainnya. Untuk hal ini di tempat les gambar akan sangat diperhatikan dan difokuskan. Seperti halnya nilai agama, moral, sosial, bahasa, kognitif, dan lain sebagainya. Tak lupa juga untuk ciptakan berbagai kegiatan menggambar yang aktif, inovatif, kreatif, bisa menyenangkan supaya makin tumbuh rasa kepercayaan diri anak serta berbagai karakter positif lainnya.

Ikhlas Saja Gibran Rakabuming Raka Maju dalam Pilwakot Solo Selvi Ananda

Previous article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *