Metropolitan

Ketika Anies Pakai Topi Terbalik Saat Kerja Bakti Bareng Warga

Mengikuti di lingkungan RT 09 RW 07, kelurahan , , Minggu (5/1/2020) pagi. Dia menyerok sampah, mengangkat lumpur, dan memasukkannya ke dalam karung. Anies Baswedan pun melayani warga yang hendak berfoto dengan dirinya.

Ibu ibu ini pun tampak tersenyum senang. Kemudian, pun kembali melanjutkan bersama warga sekitar. Gubernur DKI Jakarta , hampir tuntas bekerja bakti bersama warga RT 09 RW 07 kelurahan , , Minggu (5/1/2020).

Pada sekira pukul 10.12 WIB, melakukan estafet karung sampah bersama warga setempat. "Yuk mulai estafet," kata Anies, sapaannya di lokasi. Perintah Anies pun langsung disambut warga setempat.

Begitu juga dengan para personel TNI Polri, Dinas Sumbe Daya Air, Dinas Bina Marga, dan berbagai pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lainnya. Karung sampah tersebut mayoritas diisi lumpur dan tanah. Terdapat pula sampah berupa televisi, mesin cuci, dan peralatan rumah tangga lainnya.

"Terima kasih pak Anies sudah mengunjungi kami," ucap satu di antara warga RW 07, kelurahan Makasar, Jakarta Timur. Tak hanya itu, warga pun mengajak Anies berfoto di sela . Mereka tampak membersihkan timbunan lumpur setelah luapan air Sungai Cipinang surut.

Tampak timbunan lumpur bercampur sampah di pemukiman warga. Rumah mereka sempat terendam banjir setinggi 2,5 meter. Saat , Anies tampak sibuk dalam barisan estafet personel gabungan yang mengangkut tumpukan karung sampah yang hendak dibawa keluar dari pemukiman. Anies juga menyempatkan diri menanyakan kondisi warga RW 07 yang sejak Rabu (1/1/2020) terpaksa mengungsi karena banjir.

Ia pun meladeni permintaan berswafoto dari warga RW 07 yang tampak girang dengan kehadiran Anies personel gabungan. "Pak foto dulu pak, foto dulu pak," pinta warga ke Anies sembari menyodorkan handphonenya. Sekira pukul 10.00 WIB, personel gabungan tampak membuahkan hasil membersihkan permukiman warga.

Meski urung rampung, tumpukan karung sampah yang tadinya menghambat akses masuk keluar warga di Jalan Kerja Bakti kini berkurang. Gubernur DKI Jakarta, , melakukan bersama pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di kelurahan , , Minggu (5/1/2020). Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajarannya ini juga membantu warga setempat mengangkat karung sampah.

Anies, sapaannya, mengatakan seluruh sampah yang terdapat di kelurahan bermacam macam. "Sampahnya segala macam. Ada sampah apa saja, everything under the sky, begitu," ucap Anies kepada Wartawan, di area kelurahan , , Minggu (5/1/2020). Lebih lanjut, Anies mengatakan banyak pula mobil warga sekitar yang terendam air banjir.

"Bahkan mobil yang terendam ada semua. Tadi kita angkat apapun yang sudah terkumpul di sini," ucap Anies. Dia melanjutkan, hal ini dilakukan Pemprov DKI untuk meringankan beban korban banjir di kelurahan . "Karena jelas tidak mungkin warga di sini membawa itu semua. Para relawan ini tidak mungkin mengangkat," ujar Anies.

"Dari sini keluar saja panjangnya 300 meter. Itu seperti pagar betis. Memindahkan sampah dari tangan ke tangan sampai ke ujung " lanjutnya. Anies pun mengapresiasi seluruh pihak yang membantu tersebut. Termasuk pihak TNI Polri. "Semangat ini saya apresiasi sekali. Di sini para pemuda juga bapak bapak terlibat dalam pengangkatan sampah," ucap Anies.

Gubernur DKI Jakarta turun bersama warga di Kelurahan , , Minggu (5/1/2020) pagi. Di sela sela , mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini diteriaki warga sekitar. "Good, good bener, Gubernur DKI rasa presiden, mantap. (Saya) Relawan 212," ujar warga setempat, Rodiah Diar, di lokasi.

Rodiah Diar terpantau mengenakan kaus hitam panjang bertuliskan 'Relawan 212' dan menunjukkan gambar wajah Rizieq Shihab. "Gubernur gue nih, sehat sehat terus ya pak, selalu dalam lindungan Allah. Saya warga Kampung RW 7," teriak Rodiah. "Good, good, good bener good," lanjut Rodiah.

Rodiah berteriak sembari melakukan siaran langsung di akun media sosialnya. "Ini saya lagi siaran langsung," ucap Rodiah sambil memegang ponselnya. Sementara, bekerja bakti di sana sembari dibantu jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Begitu juga dengan pihak TNI Polri yang turut serta membantu warga sekitar.

Waspada Cuaca Ekstrem & Gelombang Tinggi Prakiraan Cuaca BMKG 5 – 12 Januari 2019 di Indonesia

Previous article

Rasakan Sensasi Menginap ala Suku Mongolian di Highland Park Resort Bogor

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *