Kesehatan

Kenali Gejala & Cara Mewaspadai Antraks seperti di Gunung Kidul

— Wabah Antraks baru baru ini terjadi di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta yang ditemukan 2 kasus dan bermula dari kematian kambing di Kecamatan Panjang. Penyakit antraks adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis yang dapat menyerang hewan dan manusia. Masa inkubasi antrask ini berkisar tujuh hari, tetapi umumnya berkisar 2 sampe 5 hari yang bisa menular dari hewan maupun lingkungan.

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan tapi kewaspadaan perlu ditingkatkan,” kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Masyarakat Kementerian Kesehatan, Anung Sugihartono di Kantor Kemenkes, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020). Untuk manusia langkah pencegahan yang pertama adalah mengenali terlebih dulu gejala antraks yakni luka pada kulit berwarna hitam yang dikelilingi bengkak, demam, mual, muntah, nafsu makan menurun, nyeri perut, diare segeralah membawa ke puskesmas atau rumah sakit. Jika mengalami gejala tersebut segeralah untuk memeriksakan ke puskesmas atau rumah sakit.

Kemudian antisipasi dengan menggunakan alat pelindung diri seperti sepatu boots dan sarung tangan. Mencuci tangan setelah memegang hewan ternak sakit atau mengolah bahan hewan, dan tidak mengonsumsi bahan makanan asal hewan yang sakit. Tidak menyembelih hewan ternak sakit atau mati, dan tidak membuang sembarangan bahan asal hewan ternak yang sakit atau mati.

Capricorn Jaga Diri Sendiri Libra Ingin Semua Bahagia 3 Zodiak Selalu Berhati-hati dalam Hal Cinta

Previous article

Pesawat Supersonic Concorde Terbang Perdana Hari ini dalam Sejarah 21 Jan 1976

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *