Pendidikan

Kemenristek Dikti Tuntut 11 PTNBH Masuk 500 Besar Dunia, Ini Kondisinya Sekarang

Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) di Indonesia dituntutKemenristekdiktimemperbaiki rankingnya. Minimal, 11PTNBHdi Indonesia harus menempati ranking 500 besar dunia. Padahal hingga saat ini dari jumlah tersebut baru 3PTNBHyang sudah masuk ranking 500 dunia.

Di antaranya, bekerjasama dengan kampus luar negeri. "Mahasiswa S3 kami, nanti perkuliahannya 2 tahun di Undip, 2 tahun di UTM (Universiti Teknologi Malaysia)," papar Agung di sela konferensi internasional tentang desain dan perencanaan kota di Santika Premiere Hotel, Semarang, Selasa (10/9/2019). Hal itu dikembangkan agar para lulusan S3 Undip memiliki kesempatan untuk berkiprah di level internasional.

Di antaranya membuat jurnal internasional terindeks scopus, dan lain lain. Dalam pengembangan disertasinya, Agung memaparkan tiap mahasiswa dibimbing oleh dua dosen, masing masing dari UTM dan Undip. Selain itu, menurutnya konferensi internasional juga terus dilakukan Undip.

"Kami di departemen perencanaan wilayah dan kota Undip ada satu laboratorium, urban design menyelenggarakan seminar ini," paparnya. Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama menuturkan pertukaran dosen dan mahasiswa merupakan salah satu kriteria untuk meningkatkan peringkat dunia. Selain itu ada mobilitas staf, riset bersama, juga mendorong dosen melakukan penelitian yang bisa dipatenkan.

"Artinya penelitian yang tidak biasa. Tetapi yang sifatnya dapat dipatenkan dan bisa digunakan masyarakat," imbuhnya. (Ahm)

Angsa Ternyata Punya ‘Gigi’ Tambahan di Bagian Lidah, Ini Fungsinya

Previous article

Rekomendasi game MMORPG Terbaik, Cocok Dicoba Bagi Gamers Sejati

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *