Metropolitan

Jokowi Ternyata Sempat Momong Cucu Sebelum Pelantikan Kini Resmi Jadi Presiden Indonesia

Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2019 2024, Jokowi membeberkan persiapan yang dilakukan. Jokowi dan KH Ma'ruf Amin dilantik pada hari ini, Minggu 20 Oktober 2019 di Gedung Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Rupanya tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh Jokowi untuk pelantikan kali ini.

Bahkan pada pagi hari sebelum pelantikan, Jokowi masih beraktivitas seperti biasa dan sempat momong atau mengasuh cucunya. "5 tahun yang lalu kan saya sudah mengalami, jadi sekarang ya biasa saja. Pagi tadi ya rutin biasa, kemudian menerima tamu.

Kemudian masih sempet momong cucu, biasa," ujar kepada awak media sebelum menuju lokasi pelantikan seperti yang dikutip dari tayangan "LIVE Pelantikan Jokowi Amin Sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019 2024" yang diunggah kanal Youtube KOMPASTV pada Minggu 20 Oktober 2019. Rangakian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih kali ini tidak ada seremoni yang meriah seperti pawai atau festival. Menurut Jokowi, pelantikan kali ini diadakan dengan sederhana karena sudah yang kedua kalinya dan hanya ingin fokus kepada agenda kerja setelah pelantikan.

"Ya karena ini sudah yang kedua. Yang paling penting saya kira setelah pelantikan, yang paling penting kita kerja bersama, kerja bersama sama. Membawa negara ini pada sebuah Indonesia maju, itu aja," sambung Jokowi.

Pada pelantikan kali ini sejumlah tamu penting sudah hadir di Istana Merdeka untuk memberikan dukungan atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Jokowi dan KH Ma'ruf Amin. Sejumlah tamu penting sudah hadir sejak pagi tadi mulai di Istana Merdeka untuk melakukan Courtesy Call sebagai bentuk dukungan dari negara negara tetangga. Tamu yang pertama kali datang adalah Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Sultan Hassanal Bolkiah hadir di Istana Merdeka pada pukul 09:00 WIB pagi tadi. Pertemuan Jokowi dan Sultan Hassanal Bolkiah berlangsung tertutup di ruang Jepara Istana Merdeka. Setelah Sultan Hassanal Bolkiah, tamu kedua yang disambut oleh Jokowi dan Iriana Jokowi adalah Perdana Menteri Australia Scott Morrison berserta Nyonya Jenny Morrison.

Tamu berikutnya yang hadir adalah Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong. PM Lee Hsien Loong hadir ke pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Jokowi dan KH Ma'ruf Amin beserta Nyonya Ho Ching. Selanjutnya disusul oleh Perdana Menteri Kamboja YM Hun Sen.

Tamu kelima yang disambut oleh Jokowi dan Iriana adalah adalah Raja Esawatini, YM Raja Mswati III. Eswatini sebuah negara di Afrika yang diapit oleh Afrika Selatan dan Mozambik. Eswatini yang sebelumnya bernama Swaziland merdeka dari Inggris pada tahun 1968.

Lalu pada ulang tahun ke 50, Swaziland berganti nama menjadi Eswatini. Bentuk pemerintahan Eswatini adalah monarki absolut. Selain itu sejumlah tamu penting yang menghadiri pelantikan ini adalah Wakil Presiden Republik Rakyat China Wang Qishan, PM Malaysia Mahathir Mohamad, Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio, Wakil Presiden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh, Deputi Perdana Menteri Thailand Wissanu Krea ngam, utusan khusus Presiden Amerika Serikat Hon Elaine L Chao, utusan khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan Mabarak Al Nahyan dan utusan khusus Kaisar Jepang.

Melalui Tukar Sampahmu Lindungi Dirimu Program Inovasi Tingkatkan Penetrasi Asuransi

Previous article

Misa Pemberangkatan August Parengkuan di Kantor Kompas

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *