Jangan Salah! Cara Mencuci Jaket Waterproof Dengan Baik dan Benar
Jangan Salah! Cara Mencuci Jaket Waterproof Dengan Baik dan Benar Photo by VisionPic.net from Pexels
Lifestyle

Jangan Salah! Cara Mencuci Jaket Waterproof Dengan Baik dan Benar

Jaket gunung merupakan salah satu senjata yang paling ampuh untuk bisa menangkal hawa dingin ketika Anda melakukan aktivitas yang ada di luar ruangan. Pengunaan bahan jaket yang bersifat waterproof atau tidak tembus air ini membuat jaket gunung menjadi salah satu alat yang sangat wajib dibawa ketika Anda akan melalukan pendakian. Karena sifatnya tersebut maka cara perawatan dan cara mencuci jaket waterproof ini juga harus diperhatikan.

Ada perlakuan khusus yang wajib Anda lakukan untuk bisa membuat jaket gunung Anda awet dan juga tahan lama, serta tetap bisa untuk menjaga kenangan Anda. Cara untuk mencuci jaket gunung dan juga merawatnya diperlukan beberapa langkah yang tepat, ikuti langkah tersebut berikut ini :

Baca Label Pada Jaket Anda
Perhatikan dengan benar isi tulisan label yang menempel pada jaket gunung Anda. Biasanya terletak pada bagian leher ataupun di bagian pinggang pada jaket gunung. Label tersebut akan memberikan informasi jenis bahan, anjuran dan juga larangan dalam perawatannya. Setiap bahan itu mempunyai cara perawatan yang berbeda juga. Setidaknya dengan membaca label tersebut, maka Anda akan lebih memahami mana saja yang boleh dan juga tidak boleh Anda lakukan.

Cek Isi Jaket
Ketika mau memulai cara mencuci jaket waterproof ini maka jangan sampai ada berbagai sisa kotoran yang tertinggal, apalagi jika sisa makanan tersebut yang tidak sengaja Anda masukkan ke dalam saku jaket. Kadang ada juga yang tidak sengaja telah merendam ponselnya yang masih berada di dalam sebuah jaket gunung.

Buka Hoody
Jika jaket gunung Anda mempunyai hoody, maka bukalah hoody tersebut supaya tidak menjadi bagian terlupa untuk dicuci

Kendurkan Tali Elastis
Tali elastis ini yang biasanya terdapat pada pinggang, lengan dan juga leher sebaiknya dikendurkan. Hal ini untuk menghindari adanya bagian yang terlipat pada saat pencucuian.

Gunakan Air
Air bersih saja sebenarnya sudah cukup untuk bisa membersihkan berbagai noda yang telah menempel di jaket gunung. Kotoran yang biasa menempel pada jaket waterproof ini biasanya hanyalah berupa debu, tanah, dedaunan ataupun tumbahan kopi. Satu hal yang harus Anda hindari ketika mencuci jaket waterproof ini yaitu penggunaan deterjen dalam campuran air.

Ada beberapa anjuran untuk bisa mencuci jaket waterproof ini dengan sabun yang memiliki kadar pH netral, seperti halnya sabun bayi. Lapisan jaket waterproof ini merupakan lapisan yang sensitive terhadap bahan kimia, maka untuk meminimalisir rusaknya lapisan jaket waterproof jadi cukup gunakan saja air bersih.

Cara Pencucian
Cara mencuci jaket waterproof itu sebaiknya hindari merendam jaket dalam jangka waktu yang lama.  Sebaiknya cukup Anda bilas saja dengan air bersih saja tanpa harus dilakukan perendaman. Untuk kotoran yang membandel pada permukaan jaket, maka gunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan juga halus.

Kemudian gosok dengan secara perlahan dan penuh dengan perasaan. Berhati-hatilah pada bagian jahitan, karena di lapisan tersebut telah ada seamtape yang bisa membuat jahitan tidak menjadi jalan masuknya air dan juga jalur angin.

Hindari Memeras Jaket Gunung
Setelah jaket selesai Anda cuci dengan air, selanjutnya yaitu mengurangi kadar air pada jaket tersebut. Caranya yaitu dengan menekan-nekan dari atas ke bawah supaya air cepat keluar. Hindari untuk memeras jaket waterproof dengan cara dipelintir karena hal ini bisa membuat lapisan jaket gunung terpelintitr dan juga bisa terbuka.

Inilah seputar cara mencuci jaket waterproof yang baik dan benar yang bisa Anda ketahui. Kalau jaket Anda ingin awet dan tahan lama maka berhati-hatilah dalam mencucinya. Gunakan beberapa tahapan diatas supaya jaket Anda tetap tahan lama. Selamat mencoba!

Bayi Ular Kobra Menyebar Mengikuti Instingnya Butuh Waktu 4 Bulan buat Menetas

Previous article

Bisa Berpengaruh Buruk pada Bayi Simak 9 Perilaku yang Tak Baik Dilakukan Ibu Hamil

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *