Nasional

Ipadokgimil Gelar 2nd International Military Dentistry Forum (IMDF) Tahun 2019

Selain melaksanakan tugas pokok Operasi Militer Perang, TNI juga berkewajiban menggelar Operasi Militer Selain Perang (OMSP), dia ntaranya adalah melaksanakan tugas perdamaian dunia dan membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. Untuk saat ini bencana (disaster) adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/ atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis (UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana). Menjawab tantangan tersebut Ikatan Peminatan Kedokteran Gigi Militer (IPADOKGIMIL) kembali mewujudkan komitmen kuat untuk memberikan perhatian lebih dalam memberikan dukungan dan pelayanan kesehatan gigi dalam mendukung tugas pokok TNI tersebut dengan menggelar 2nd International Military Dentistry Forum (IMDF) 2019 diselenggarakan pada 15 – 16 November 2019 di Hotel Alila Solo dengan mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Dokter Gigi Militer dalam ManajemenvBencana (Advancing Competency in Disaster Management for Military Dentists)”. Dokter Gigi TNI/ Kepeminatan Kedokteran Gigi Militer berjumlah 150 orang.

Selama ini Dokter Gigi Militer turut berperan penting bagi keberhasilan pelaksananaan tugas TNI dalam hal memberikan dukungan dan pelayanan kesehatan gigi. Untuk mencapai kondisi tersebut diperlukan upaya yang komprehensif meliputi kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Terutama dalam berbagai operasi termasuk penanggulangan bencana alam, dan daerah tertinggal lainnya yang membutuhkan pelayanan kesehatan gigi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk nyata peningkatan kompetensi Dokter Gigi Militer untuk mendukung keberhasilan tugas TNI terutama dalam melaksanakan tugas perdamaian dunia dan membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini bagi organisasi adalah sebagai sarana aktualisasi dan sosialisasi baik kepada masyarakat kedokteran gigi sipil dan militer dari dalam dan luar negeri. Sedangkan bagi para Dokter Gigi Militer agar didapatkan pengalaman, pengetahuan dan penambahan jejaring sehingga mampu meningkatkan profesionalismenya sebagai bekal dalam mengabdi di lingkungan Kemhan dan TNI. Turut hadir dalam pembukaan 2nd International Military Dentistry Forum (IMDF) 2019 pejabat tinggi Mabes TNI AD, AL dan AU, diantaranya Wakil Kepala Staf TNI AU Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, Dewan PenasihatIPADOKGIMILdrg. Nora Trystiana, MARS, Wakapuskes TNI Marsekal Pertama (Marsma) TNI dr. Didik Kestito, Sp. U., M.M.R.S., Kepala Dinas Kesehatan TNI AL Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra D.I., Sp.B., Kolonel Kes drg. Kismanto, Sp.BM, Kolonel CKM drg. Iwan D, Sp.Ort.

SMF Gandeng Driver Taksi Online Perluas Akses KPR

Previous article

Kemenkumham Capai 77.614 Pelamar Update 5 Instansi CPNS 2019 Paling Diminati

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *