Pendidikan

Ini Jadwal Lengkap Tiap Kota dari BMKG Gerhana Matahari Cincin 26 Desember Persisnya Jam Berapa

Berikut daftar 25 kota di Indonesia yang dilewati gerhana matahari cincin beserta jadwal waktunya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginfokan Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin pada Kamis (26/12/2019) mendatang. Ada 6 provinsi dan 25 kota di Indonesia yang akan dilewati gerhana matahari cincin.

Apakah kota kamu termasuk akan dilewati fenomena gerhana matahari cincin? Berikut daftar 25 wilayah di Indonesia yang akan dilewati gerhana matahari cincin: Lantas pukul berapakah fenomena gerhana cincin akan mulai dapat diamati?

Pada laman instagram @infobmkg juga telah mengunggah daerah dan waktu untuk mengamati gerhana matahari cincin. Berikut daftar daerah/kota yang beruntung dilintasi gerhana matahari cincin. Selain daerah tersebut jangan khawatir, meskipun tidak dilintasi GMC , kalian masih bisa menikmati Gerhana Matahari Sebagian.

Atau jika tetap penasaran sama GMC, kalian bisa menyaksikannya melalui streaming yang akan disediakan BMKG melalui link yang akan kami update mendekati hari H. Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin diprediksi akan mulai terlihat pada pukul 12.15 WIB. Pada waktu tersebut akan dimulai dengan gerhana matahari sebagian.

Selanjutnya pada pukul 12.17 WIB akan memasuki fase puncak gerhana matahari cincin. Pada waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk dapat melihat gerhana matahari cincin. Gerhana Matahari Cincin akan berakhir di Indonesia pada pukul 12.19 WIB.

Terjadinya fenomena gerhana matahari cincin diprediksi akan mulai terlihat di sekitar Aceh mulai pukul 10.03 WIB. Sementara itu di kabupaten dan kota di daerah Papua akan dapat melihat fenomena gerhana matahari cincin pukul 14.37 WIT. Pada daerah Papua kemungkinan dapat melihat fenomena gerhana matahari cincin sekitar 20 persen di wilayah selatan Papua.

Apabila cuaca cerah masyarakat di di Jakarta akan dapat melihat gerhana matahari sebagian dengan besaran sekitar 72 persen, dan di Bandung sekitar 70 persen. Indonesia akan mengalami fenomena gerhana matahari cincin pada Kamis (26/12/2019). Untuk menyaksikannya langsung, kamu bisa buat kacamatanya sendiri. Fenomena langka ini hanya bisa disaksikan di beberapa negara.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, (BMKG) gerhana matahari cincin akan melintasi 25 pusat kota dan kabupaten di 7 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. Seperti diketahui jika gerhana ini tidak bisa disaksikan secara langsung dengan mata telanjang, diperlukankacamatayang memiliki lensa khusus agar bisa terlihat lebih jelas. Tahukah Anda bahwakacamatatersebut bisa dibuat sendiri dengan alat dan bahan yang sederhana.

1. Karton dengan tekstur yang kuat 2. Filter matahari tipe Neutral Density (ND) 5 3. Cutter atau gunting

4. Lem 5. Pensil Untuk filter matahari Anda dapat menggantinya dengan menggunakan negatif film hitam putih yang telah terpapar sinar matahari minimal 60 detik dan dicuci di studio foto.

Jika Anda memiliki kacamata 3D maka Anda bisa menggunakannya, karena dengan ini Anda tak lagi membutuhkan cutter, karton, lem dan pensil. Buatlah kerangka pola seperti di bawah ini dengan menggunakan pensil. Jika sudah maka Anda bisa memotongnya sesuai dengan pola dengan cutter atau gunting.

Jangan lupa pula untuk melubangi empat kotak yang nantikan akan menjadi tempat lensa matahari. Sonora.id Potong filter matahari sesuai dengan ukuran pola, kemudian lem filter matahari pada dua kotak yang sejajar.

Apabila menggunakan negatif film hitam putih maka Anda tinggal menyusun masing masing menjadi tiga lapis. Lem semua sisi kacamata, dan lipat kacamata hingga berbentuk menyerupai kacamata. Uji terlebih dahulu kacamata Anda untuk mengetahui ketahanannya.

Cobalah di ruang gelap, kemudian sinari mata yang telah mengenakan kacamata dengan menggunakan lampu senter. Apabila cahaya senter masih masuk ke dalam kecamata itu, maka pembuatan Anda belum berhasil dan perlu mengganti lensa mataharinya. Artikel ini pernah tayang di Sonora.id:

Catat Tempatnya! Daerah yang Dilewati Gerhana Matahari Cincin Sambangi Langit Indonesia 26 Desember

Previous article

Sang Murid Ungkap Sifat Sang Guru Sebenarnya Kisah Wali Kelas Buat Status WA Soal Nilai Ujian

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *