Metropolitan

Gerinda & PKS Masing Masing Usulkan Satu Nama Kursi Wagub DKI Masih Kosong DPRD DKI

Hingga saat ini kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta masih menjadi rebutan antara Gerinda dan PKS, dua partai pengusung Anies Baswedan Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Terbaru, Partai Gerinda mengajukan empat nama kandidat calon wakil Gubernur DKI. Empat kandidat wakil gubernur DKI yang disodorkan Gerindra adalah Dewan Penasihat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Yuliantono, Sekretaris Jenderal Gerindra Riza Patria, dan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah.

Sementara itu PKS sudah mengajukan 2 nama terlebih dahulu yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto sebagai kandidat Wakil Gubernur. Dilansir dari , Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Syarif, mengatakan, partainya meminta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menentukan satu nama calon wakil gubernur DKI Jakarta. Sementara Gerindra akan mengajukan satu nama lagi sehingga akan dua calon.

"Ya jadi dari PKS satu (calon cawagub) dari Gerindra satu (calon cawagub)," ujan Syarif, Senin (18/11/2019) malam. Syarif mengatakan, sampai saat ini Gerindra masih menunggu siapa yang hendak dipilih PKS. "Apakah Ahmad Syaikhu (anggota DPR RI), apakah Pak Agung (Yulianto). Lalu dari kami empat siapa, kami tunggu itu," ujar dia. Gerindra belum memastikan siapa yang hendak dipilih.

Gerindra sudah punya empat bakal calon dan akan memilih satu dari empat orang itu. Sebelumnya, Ahmad Syaikhu, salah satu kandidat Wakil Gubernur yang diajukan PKS mengatakan Gerinda tidak punya komitmen. "Tandanya ini tidak komitmen. Pak Prabowo mengungkapkan bahwasannya Gerinda akan menyerahkan Wakil Gubernur untuk PKS," ujarnya dilansir melalui Youtube TV Onenews, Sabtu ()9/11/2019).

Ia mempertanyakan kenapa Gerinda mengajukan nama kandidat Wakil Gubernur. Ahmad Syaikhu mengatakan jika pengajuan nama tersebut menyebabkan satu hal yakni etika politik yang tidak baik. "Terkait pemilihan calon wakil Gubernur sebetulnya semuanya sudah diproses. Saya dan pak Agung sudah ikut dalam fit and proper test," ungkapnya.

Menurutnya pemilihan untuk calon kandidat sudah selesai. Dari dua nama yang diajukan oleh PKS kemudain diajukan ke Pak Anies dan Pak Anies melanjutkan ke DPRD DKI Jakarta. "Nggak ada masalah tinggal menunggu keseriusan DPRD DKI untuk memilih. Bentuk aja Panli tetapkan aturan mainnya dalam tata tertib setelah itu selesai nggak ada masalah," kata Ahmad Syaikhu.

Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS angkat suara mengenai permasalahan ini. “Kami ingin mengaris bawahi kesepakan awalnya kan memang jatahnya PKS, baik Pak Prabowo, Bang Sandi semua menyatakan," ungkapnya. Menurutnya ini bagian dari rencana Gerinda agar prosesnya lebih cepat. Ia mengatakan tidak kecewa akan pengajuan nama dari Gerinda.

Tetapi Mardani mengingatkan jika politik lebih enak kalau punya etika. "Kalau dari etika kita harus komunikasi dengan Anies Baswedan karena akan jadi wakilnya Anies," ujarnya. (*)

Menteri KKP Edhy Prabowo Sebut Kebijakan Penenggelaman Kapal Pencuri Ikan Lanjut tapi Dikaji Ulang

Previous article

10 Perguruan Tinggi Masuk Daftar Kampus dengan Penelitian Terbaik di Indonesia

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *