Kesehatan

Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) hingga Cara Mengatasi ‘Anyang-anyangan’

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi bakteri yang mengenai pada bagian saluran kemih. Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki laki. Namun sayangnya, penyakit ini terkadang tidak menimbulkan gejala, sehingga penderita tidak merasakan apa apa.

Begitu sudah terdeteksi biasanya kondisi langsung parah. Gejala infeksi saluran kemih (ISK) dikutip dari id.wikipedia.org , Jumat (15/11/2019) dapat berupa: 1. Sakit dan nyeri di perut bagian bawah, di bagian atas tulang kemaluan.

2. Terasa sakit saat akhir kencing. 3. Setelah kencing, rasa 'anyang anyangan' atau rasa masih ingin kencing lagi muncul. Namun setelah dicoba untuk kencing lagi tidak ada air kencing yang keluar. 4. Gejalanya bervariasi, dari ringan ke berat dan pada perempuan sehat berlangsung selama rata rata enam hari.

5. Kondisi semakin parah akan disertai demam, muntah, nyeri panggul. 6. Di beberapa kasus mungkin akan terlihat sedikit berdarah pada air kencing atau mengandung nanah dan baunya akan sangat menyengat. Rasa anyang anyangan atau rasa masih ingin kencing lagi merupakan satu indikasi seseorang terkena infeksi saluran kemih (ISK).

Jangan pernah Anda menyepelekan hal tersebut, karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Berikut dikutip dari lifealth.com , Jumat (15/11/2019) cara mengatasi anyang anyangan. Kompres dengan menggunakan air hangat sangat mampu melegakan saraf dan otot.

Hal tersebut akan mengurasi rasa sakit dan mampu mencegah seringnya buang air kecil. Anda hanya mengompres dengan air hangat pada bagian bawah perut. Kebanyakan orang berasumsi bahwa ketika 'anyang anyangan' jangan terlalu banyak minum.

Hal tersebut tidak benar, asupan cairan sangat tetap dibutuhkan tubuh Anda. Minumlah air mineral sedikit demi sedikit. Usahakan tidak meminum banyak air sebelum tidur.

Yoghurt memiliki kandungan bakteri yang baik dan mampu membantu menjaga kesehatan kadung kemih. Kandungan tersebut juga akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. Cobalah untuk mengonsumsi yoghurt setiap hari.

Jangan mengonsumsi yoghurt yang mengandung pemanis buatan, melainkan konsumsilah yoghurt alami. Cuka apel mengandung antibakteri dan antijamur yang mampu menjadikannya minuman yang sehat. Kandungan mineral alami pada cuka apel tersebut mampu menjaga keseimbangan PH tubuh.

Larutkan satu sendok sari cuka apel dan madu ke dalam segelas air. Minumlah larutan tersebut dua kali sehari.

Ini Resep Diet Dewi Hughes yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih dari 90 kg Bermodalkan Rp 20 Ribu

Previous article

Satuan buat Menghitung Kekuatan Gempa Kenali Skala Mercalli Selain Skala Ritcher

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *