Pendidikan

Gadis 27 Tahun Lulusan S2 Harvard University Fakta-Fakta Risa Santoso Rektor Termuda di Indonesia

Sosok RisaSantoso mencuri perhatian. Bukan hanya parasnya yang cantik, gadis berusia 27 tahun ini merupakan rektor termuda di Indonesia. Ia menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang.

Penunjukan rektor muda, RisaSantoso B A MA Ed ini seiring dengan bergabungnya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) ASIA Malang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ASIA Malang di bawah pengelolahan Yayasan Wahana Edukasi Cendekia. Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia, Yoyok Hari Subagiono SE MM menuturkan penggabungan kedua sekolah tinggi tersebut dilakukan agar ilmu bisnis dan ilmu digital dapat bersinergi menjadi satu sehingga dapat menembus jajaran perguruan tinggi swasta terbaik di Asia Tenggara. Berikut ini fakta fakta terkait sosok RisaSantoso yang berhasil dihimpun oleh SURYAMALANG.

Risa Santoso dipercaya dan ditunjuk menjadi rektor Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang oleh pihak Yayasan Wahana Edukasi Cendekia yang menaungi lembaga pendidikan itu. Usia muda RisaSantoso tak menghalangi pihak Yayasan untuk memberi kepercayaan penuh padanya dengan pertimbangan pengalaman yang dimilikinya. Ada beberapa alasan yang membuat Risa terpilih menjadi rektor meski usianya masih sangat muda.

Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia, Yoyok Hari Subagiono SE MM menuturkan alasannya memilih Risa karena latar belakang Pendidikan dan pengalaman kerja Risa yang bagus. “Dari latar belakang pendidikannya juga dari pengalaman kerjanya terus ketika dia memutuskan bergabung dengan ASIA waktu menjabat sebagai direktur Inkubasi bisnis juga bagus, kerjasama dengan pihak luar juga bagus, yaa saya kira itu pertimbangannya,” ujar Yoyok. Merunut biodatanya, RisaSantoso merupakan wanita kelahiran Surabaya 27 Oktober 1992, ia mengenyam pendidikan S1 di University Of California, Berkeley dengan jurusan ekonomi dan S2 di Harvard University dengan jurusan pendidikan.

Sebelum bergabung dengan Institut ASIA Malang, Risa pernah bekerja sebagai tenaga Ahli Muda di Kantor Staff Presiden. Ditunjuk sebagai rektor Institut ASIA Malang Risa mengatakan bahwa ia akan memperbarui kurikulum dan juga menjalin kerjasama dengan industri. “Pastinya pengembangan untuk sinergi antara bisnis dan teknologinya karena sekarang kan kita ada di 2 perguruan tinggi yang berbeda jadi penyatuannya bagaimana."

"Biar kita juga bisa memperbarui kurikulumnya terus sama pengembangan kerjasama dengan industri juga,” ujarnya. Untuk mewujudkan itu semua, Risa mempunyai 3 langkah strategis yang akan ia lakukan yaitu yang pertama memperbaiki pondasi Institut ASIA Malang, menjalin kerjasama dengan industri, serta kerjasama Internasional. Saat ini Risa mengakui telah menyiapkan kerjasama untuk membuat sebuah program dengan luar negeri, namun program tersebut masih dalam proses penelitian.

Menjadi rektor termuda di Indonesia dan akan memimpin orang orang yang lebih senior darinya, Risa mempunyai kiat khusus tentang bagaimana cara ia memimpin seniornya. “Itu harus dilihat bagaimana cara kita berkomunikasi dengan mereka yang pasti menyamakan tujuan karena mau nggak mau semuanya pasti mau yang terbaik untuk institusi,” terang Risa. Risa sendiri berharap bahwa di bawah kepemimpinannya ini, Alumni Institut ASIA Malang nanti dapat menjadi generasi yang PASTI, yang dimaksud PASTI adalah Professional, Active, Smart, Tangguh dan Innovative.

Kenaikan Manfaat JKK & JKm buat Kesejahteraan Pekerja & Ahli Waris BPJS Watch

Previous article

Kapal Riset Baruna Jaya I Dikerahkan buat Pemeliharaan Buoy Ina-TEWS

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *