Travel

Fakta Unik Ikan Turbot dalam Pressure Test MasterChef Indonesia yang Harganya Fantastis

GelaranMasterChef Indonesiatelah sampai pada babak lima besar yang tayang Minggu (23/2/2020). Setelah berbagai tantangan yaitu membuat steak dan menyajikan kalkun, para peserta yang gagal kemudian memasuki babak pressure test . Para peserta yang tidak berhasil di sesi sebelumnya kembali diuji melalui tantangan mengolahikan turbot.

Nama ikan turbot mungkin jarang didengar. Namun siapa sangka, ikan ini menjadi salah satu ikan terbaik di laut dan dijual dengan harga fantastis. Ikan berbentuk pipih ini tumbuh hingga berukuran besar dengan spesimen diameter satu meter dan berat 15 kilogram.

Selain itu, ikan turbot juga memiliki penampilan yang unik yaitu berbadan lebar dan matanya terletak di sisi kiri saja. Bagian bawah ikan ini berwarna putih sedangkan bagian atasnya memiliki warna yang dapat menyesuaikan dengan lingkungannya. Ukuran tubuhnya bisa mencapai panjang 50 70 sentimeter, bahkan bisa mencapai satu meter.

Melansir Thefishsociety.co.uk , ikan ini hidup di perairan Laut Hitam, Mediterania, Baltik dan Laut Utara. Namun jangan salah, ikan ini juga bisa hidup di Samudra Atlantik. Ikan turbotyang paling berharga adalah spesies dari Mediterania dan Samudra Atlantik.

Hal ini dikarenakan ukurannya yang lebih besar. Ikan turbot menjadi begitu mahal di pasaran dan dijual pada restoran restoran kelas atas, karena memiliki rasa yang nikmat dengan kandungan zat tinggi manfaat bagi manusia. Kamu sebenarnya bisa memasak ikan ini dengan cara apapun, namun disarankan untuk memasaknya dengan cara memanggang.

Turbot memiliki daging putih dengan rasa yang halus dan bercita rasa kaya. Seekor ikan turbot besar dapat menyediakan hingga satu lusin porsi. Kemudian, bagian tengah yang paling tebal memiliki rasa yang teristimewa. Bagian tersebut biasa dibuat sebagai hidangan steak fillet .

Selain steak fillet , Turbot juga biasa diolah untuk hidangan sashimi atau hidangan masakan Jepang. Turbot menjadi begitu mahal karena merupakan salah satu ikan pertama yang dibudidayakan. Dilansir dari thefishsociety.co.uk , Eropa mungkin memproduksi 10.000 ton turbot dalam setahun.

Sementara itu, China juga telah melakukan pembudidayaan Turbot dengan skala epik 60.000 ton pada tahun 2012. Namun demikian, turbot yang dibudidayakan dengan baik dapat memiliki kualitas baik pula. Selain itu, budidaya ikan ini juga tidak menimbulkan masalah polusi serius karena dibudidayakan dalam tangki di darat.

Satu satunya restoran di Washington yang menawarkan menuIkan Turbotadalah Restoran Le Paradou. Dilansir dari washingtonian.com, rasa yang disajikan pada menu ini terasa elegan. Hal ini terbukti pada hidangan fillet panggang turbot yang begitu kuat dengan saus peterselinya.

Ikan turbot memang harus dimasak atau dipadukan dengan saus, dan juga sayuran pelengkapnyapun harus dipanggang. Sebuah harga yang amat fantastis untuk hidangan sashimi turbot. Cara penyajiannya dibakar menggunakan kecap, lalu disajikan dengan tomat heirloom dan semacam bunga kering.

Moestopo & JUIDA Gelar Workshop Kembangkan Pemanfaatan Teknologi Drone buat Edukasi

Previous article

Pisces Dapat Rejeki Nomplok Zodiak Paling Beruntung Minggu Ini 24 Februari – 1 Maret 2020

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *