Internasional

Evakuasi Warganya dari Kota Wuhan Minggu Jepang Kirim Lagi Pesawat Charteran Gelombang ke-5

Pemerintah Jepang akan mengirimkan kembali pesawat charteran gelombang ke 5 untuk mengevakuasi warga Jepang dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China hari Minggu (16/2/2020) mendatang. "Kami melakukan penyesuaian untuk menerbangkan kembali ke China mengevakuasi warga yang masih ada di sana," kata Menlu Jepang Toshimitsu Motegi, Jumat (14/2/2020). Hingga saat ini, total 763 warga Jepang beserta keluarganya, ada yang suami atau istrinya orang China pula, diangkut kembali ke Jepang.

Semuanya menggunakan pesawat penerbangan ANA (All Nippon Airways). "Setelah penerbangan mendatang kami ingin berhenti sejenak dulu untuk melihat situasi dan kondisi lebih lanjut," ujar dia. Penerbangan itu setelah koordinasi dan mendapat izin mendarat dari pihak China. Sementara itu seanyak 199 warga Jepang yang dievakuasi gelombang kedua dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, 30 Januari 2020, Kamis (13/2/2020) kemarin dinyatakan bebas virus dan dapat pulang ke rumah masing masing.

Kamis (13/2/2020) malam sebagian dari mereka telah kembali ke rumah masing masing dan sebagian lagi Jumat (14/2/2020) pagi ini juga akan dipulangkan ke rumah masing masing. Sementara itu pengumuman tertulis selebaran di dalam kapal Diamond Princess menekankan kepada para penumpang usia 80 tahun atau lebih dan tinggal di tengah bagian kapal yang tak memiliki jendela (balkon) ke luar. Menurut pengumuman tertulis penumpang yang telah diuji ternyata terinfeksi virus corona akan dirawat di rumah sakit dan bagi yang negatif tidak terinfeksi virus dapat segera pulang ke rumah masing masing, turun dari kapal pesiar mewah tersebut.

"Tambah lama di sini tambah besar kemungkinan kita terkena virus corona," ungkapnya. Tiap hari hanya menikmati waktunya di dalam bilik kamar mereka dan kemarin siang sekitar satu jam antara jam 15.00 hingga 16.00 waktu Jepang mendapat kesempatan ke luar ke atas deck kapal untuk menghirup udara segar. "Biasanya kami di sini hanya baca baca berita dari koran yang disebarkan dan dari internet serta makan dan tidur saja," lanjutnya.

Saat ini telah tercatat 218 orang penumpang kapal Diamond Princess dan satu kru yang positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah tersebut warga Jepang sebanyak 29 orang yang terinfeksi virus corona di dalam kapal Diamond Princess. Sementara itu 12 Februari lalu secara resmi pemerintah Israel meminta kepada pemerintah Jepang agar menurunkan segera 15 penumpang kapal Diamond Princess yang memiliki kewarganegaraan Israel.

Pemerintah Jepang masih terus mempertimbangkan keinginan Israel tersebut hingga kini. Info lengkap dan diskusi Jepang bisa bergabung ke WAG Pecinta Jepang kirimkan email nama lengkap dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Rumah Sakit Ini Beri Diskon Bagi Seluruh Alumni UI

Previous article

Berikut 10 Universitas di Indonesia Terbaik Asia Pendaftaran SNMPTN 2020 Telah Dibuka

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *