Techno

Download Aplikasi PeduliLindungi buat Melacak Penyebaran Covid-19 Melalui Ponsel

Aplikasi untuk melacak penyebaran Covid 19 atau virus corona, PeduliLindungi sudah bisa di download atau unduh di pedulilindungi.id. PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dihadirkan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo. Dilansir pedulilindungi.id, Senin (30/3/2020), PeduliLindungi dikembangkan dengan tujuan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID 19).

Aplikasi ini dapat melindungi diri pengguna, keluarga, dan orang terdekat lainnya. Aplikasi PeduliLindungi mengandalkan partisipasi masyarakat menghentikan penyebaran COVID 19 dengan cara membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID 19 dapat dilakukan. Menurut keterangan tertulis di lamannya, PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing masing. Selanjutnya, aplikasi ini akan mengidentifikasi orang orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID 19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini dapat membantu ketika pengguna lupa riwayat perjalanan dan dengan siapa saja melakukan kontak.

Pada lamannya juga ditekankan, aplikasi ini sangat memperhatikan kerahasiaan data pribadi pengguna. Dijelaskan dalam lamannya, data pengguna disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data pengguna hanya akan diakses bila dalam risiko tertular COVID 19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Aplikasi ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi dapat dilakukan melalui laman atau Google Play untuk smartphone berbasis Android. Link download melalui Google Play ada di akhir berita ini.

Selain itu, aplikasi ini akan meminta akses layanan lokasi atau GPS dan bluetooth. Sementara itu, saat ini aplikasi PeduliLindungi belum tersedia di App Store (untuk perangkat iOS). Melansir , Menteri Kominfo, Johnny G Plate mengatakan, setelah hadih di Google Play Store, selanjutnya aplikasi ini akan segera tersedia di App Store.

"Mudah mudahan Selasa atau Rabu sudah di Google Play Store dan berikutnya di Apps Store," kata Menteri Kominfo, Johnny G Plate, Jumat (27/3/2020). Selain itu, terdapat ajakan untuk berpartisipasi melindungi sesama dengan mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Sebelumnya, berdasar siaran pers no 49/HM/KOMINFO/03/2020, aplikasi ini dibuat oleh putra putri Indonesia.

Tertulis juga bahwa PeduliLindungi merupakan aplikasi Nasional Tracing, Tracking dan Fencing Covid 19. Aplikasi PeduliLindungi juga masih terus dikembangkan dengan harapan dapat diinstal seluruh masyarakat melalui smartphone. Sementara itu, melansir , Selain Indonesia, Singapura juga memiliki aplikasi serupa bernama Trace Together.

Trace Together telah diunduh sebanyak 620 ribu kali. Cara kerjanya, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Trace Together dan menyalakan bluetooth pada ponsel. Teknologi bluetooth pada aplikasi tersebut akan bekerja dengan menukar sinyal bluetooth jarak dekat untuk mendeteksi pengguna lain yang berada dalam jarak sekira dua meter.

Galaxy M31 hingga Galaxy A51 Lengkap di Sini Daftar Harga HP Samsung Bulan Maret 2020

Previous article

Scorpio Hadapi Kesulitan Ramalan Zodiak Besok Cancer Ambisius & Optimis Selasa 31 Maret 2020

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *