Travel

Deretan Tempat yang Jadi Latar Lagu Didi Kempot, Ada Stasiun Balapan dan Pasar Klewer

Musisi campursari asal Solo, Didi Prasetyo alias Didi Kempot telah menciptakan ratusan lagu. Dari ratusan lagu yang Didi Kempot ciptakan, tak sedikit yang berlatar daerah atau tempat wisata di Indonesia. Didi Kempot yang dijuluki Godfather of Broken Heart, sempat membahas soal lagu berlatar daerah dan tempat wisata dalam Ngobrol Bareng Musisi atau Ngobam Didi Kempot, yang baru baru ini diadakan oleh penyiar radio dan content creator Youtube Gofar Hilman di Solo.

Traveler kini juga bisa menyaksikan Ngobam Didi Kempot di channel Youtube Gofar Hilman, karena video acara tersebut sudah diunggah pada Minggu (21/7/2019) kemarin. "Saya suka nulis lagu tentang daerah daerah mas, Stasiun Balapan, Parangtritis," ujar Didi Kempot. Latar lokasi dalam lagu Didi Kempot pun bisa jadi inspirasi tempat wisata yang menarik dikunjungi saat liburan.

Stasiun Balapan merupakan salah satu lagu Didi Kempot di album perdananya, yang juga bernama Stasiun Balapan. Dalam lagu ini, Didi Kempot mengisahkan tentang seorang kekasih yang mengantarkan pujaan hatinya ke Stasiun Balapan. Namun sang kekasih itu tak pernah kembali semenjak mereka berpisah di sana.

Lagu tersebut cukup menyanyat dalam lagu terdapat penggalan lirik “ Janji lungo mung sedelo. Malah tanpo kirim warto. Lali opo pancen nglali. Yen eling mbok enggal bali ” Nah, Stasiun Balapan berlokasi di Kestalan, Solo dan didirikan tahun 1873. Meskipun sudah dibangun lebih dari seabad lalu, Stasiun Balapan tetap menjadi andalan dengan aneka fasilitas lengkap dan modern buat traveler yang akan bepergian ke luar kota.

Lagu Didi Kempot dengan judul Terminal Tirtonadi juga berkisah tentang seseorang yang mengantar kekasihnya pergi, tapi yang diantar tidak kunjung pulang. Rasane ngitung nganti lali. Wis pirang taun anggonku ngenteni ," begitu penggalan lirik lagu Terminal Tirtonadi Didi Kempot. Tirtonadi merupakan terminal terbesar di Kota Solo.

Traveler yang akan bepergian naik bus seperti ke daerah sekitar Pulau Jawa bisa berangkat dari Terminal Tirtonadi. Masih di Solo, ada lagi tempat yang menjadi latar lagu Didi Kempot, yaitu Pasar Klewer. Ini merupakan pasar tekstil terbesar di Kota Solo.

Lokasinya berdekatan dengan Keraton Surakarta. Pantai Parangtritis bisa dikunjungi di Bantul, DI Yogyakarta. Sudah lama Pantai Parangtritis populer sebagai salah satu tempat wisata di Yogyakarta.

Traveler yang datang ke Pantai Parangtritis bisa bersantai menikmati pemandangan sambil duduk di tepian maupun berkeliling naik kuda. Lagu Didi Kempot yang berjudul Pantai Klayar juga masih seputar patah hati. Liriknya begitu menyayat, tentang seseorang yang ingkar janji dan tak pernah kembali.

Tulung sawangen, sawangen aku. Sing nandang rindu. Oh tulung muliho nandyan sedelo. Aku wis lilo " Nah, Pantai Klayar dalam lagu tersebut bertempat di Pacitan. Pantai Klayar begitu menawan dengan hamparan pasir putih yang bersih.

Gunung Api Purba Nglanggeran muncul dalam lagu Banyu Langit. Lagu Banyu Langit berkisah tentang seseorang yang mengingat kenangannya bersama sang kekasih saat berada di Gunung Api Purba Nglanggeran. Lalu seperti lagu patah hati Didi Kempot lainnya, sang kekasih pergi dan tak kembali.

Gunung Api Purba Nglanggeran ini berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi tempat wisata favorit untuk melihat sunrise. Biasanya traveler naik ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran di ketinggian 700 mdpl untuk menikmati indahnya mentari pagi dan pemandangan alam sekitar.

Jembatan Suramadu menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Jembatan di atas Selat Madura ini dibangun sepanjang 5.438 meter dan menjadi yang terpanjang di Indonesia. Lagu Didi Kempot yang berjudul Malioboro juga berkisah tentang patah hati, seseorang yang galau dan merenung di Jalan Malioboro.

Malioboro sendiri menjadi tempat wisata populer di Yogyakarta. Traveler dari berbagai daerah datang ke sana untuk belanja, mencicipi kuliner maupun sekadar foto foto dan menikmati suasana malam.

Minum Dua Cangkir Kopi Sehari Dapat Membantumu Hidup Dua Tahun Lebih Lama, Simak Penjelasannya

Previous article

KPAI Ingatkan Pihak Sekolah Anak Nunung Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *