Techno

Deretan Produk Gratis Google buat Tunjang Belajar di Rumah

Penyebaran Covid 19 membuat pemerintah di negara terjangkit mengambil keputusan untuk meliburkan sekolah dan kantor. Meski libur, para siswa tetap diwajibkan untuk belajar dari rumah. Dan para pekerja disarankan untuk Work From Home (WFH).

Untuk menunjang para siswa yang belajar dari rumah, Google berkomitmen membatu para siswa dan guru di Indonesia untuk belajar di luar sekolah melalui G Suite for Education. Suite for Education merupakan salah satu produk dari Google yang digratiskan. Dikutip dari Kompas.com, Public Policy and Goverment Relations Manager Google Indonesia Danni Ardianto mengatakan bahwa produk tersebut dapat membuat para siswa tetap bisa belajar meski terhalang jaringan internet yang lamban.

"Melalui G Suite for Education, para siswa dapat terus belajar meski ketika akses internet lambat atau tidak tersedia dan di manapun mereka berada," ujar Danny Ardianto, Public Policy and Government Relations Manager Google Indonesia Lalu, bagi mereka yang ingin melakukan konferensi video maupun panggilan video yang melibatkan banyak orang, Google telah menyediakan Meet yang digratiskan hingga 1 Juli 2020 mendatang. Dan bagi pelajar yang mengikuti kelas dan melanjutkan pelajaran jarak jauh, Google juga telah menyediakan Google Classroom.

Bahkan, bagi para guru yang menggunakan Google Form dapat lebih membantu pembelajaran. Dalam Google Form, para guru tak hanya bisa memasukkan materi pembelajaran, namun juga video ilustrasi untuk menunjang. Dari Google Form, para guru dapat memberikan tugas dan soal soal yang harus dikerjakan.

Informasi Google G Suite For Education bisa diakses melalui link di bawah ini Google Meet terintegerasi dengan G Suite. Oleh sebab itu, hanya mereka yang mempunyai akun G Suite saja yang bisa mengadakan rapat online di Google Meet.

Namun tenang, G Suite menawarkan uji coba gratis selama 14 hari. Kamu dapat mengaksesnya melalui tautan Bagi pengguna ponsel, kamu bisa mengunduh Google Meet di PlayStore maupun AppStore.

Bagi pengguna PC, kamu dapat mengakses Para pengguna PC dapat menggunakan Google Meet melalui browser Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, maupun Safari. Alat tambahan sendiri bisa berupa earphone untuk pengguna HP dan headset untuk pengguna PC.

Alat tersbut bisa digunakan untuk memermudah komunikasi saat melakukan video panggilan. Untuk memulai rapat, kamuhanya perlumeng klik " start meeting ". Selain itu, kamu juga bisa menambah peserta telekonferensi.

Cara menambah peserta yakni dengan mengirimkan tautan melalui email atau dengan nomor ponsel. Tak hanya itu, pembuat rapat juga bisa menambahkan undangan melalui Google Calendar. Peserta rapat yang diundang tidak memerlukan akun G Suite untuk bergabung.

Para tamu undangan cukup mengklik tautan telekonferensi yang dibagikan melalui email atau memasukan ID rapat. Google memiliki aplikasi bernama Hangout Meet. Aplikasi ini dapat memungkinkan percakapan hingga 250 pengguna dalam sekali panggilan video.

Hangouts Meet dilengkapi dengan sejumlah fitur Google seperti menampilkan capions secara otomatis dengan teknologi text to speec. Bahkan aplikasi tersebut bisa terintegrasi dengan Google Calendar. Selain itu, kamu juga bisa mengundang orang lain untuk bergabung dengan memasukkan meeting code yang diberikan oleh admin percakapan video.

Tak hanya digunakan lewat hp, aplikasi ini juga bisa diakses lewat pc melalui . Aplikasi ini merupakan aplikasi percakapan yang juga bisa digunakan untuk video conference. Tak beda dengan Meet, Zoom bisa menampung banyak pengguna dalam sekali panggilan.

Zoom dapat memuat hingga 100 orang sekaligus dalam sekali panggilan. Fitur yang cukup membantu para penggunanya yakni screen sharing atau fitur berbagi layar pengguna ke para peserta. Bahkan, Zoom juga didukung oleh Google Drive, Dropbox, dan Box untuk berbagi dan penyimpan dokumen maupun foto.

Aplikasi ini bisa didapatkan di PlayStore maupun App Store secara gratis Siapa yang tak kenal dengan aplikasi tatap muka legendaris ini. Skype yang dulunya hanya diperuntukan penggua PC kini bisa diakses lewat HP.

Aplikasi bikinan Microsoft ini memungkinkan 25 orang saling bertatap muka secara online dalam sekali panggilan video. Saat ini, Skype bahkan bisa diakses di berbagai perangkat, seperti HP, PC atau laptop, bahkan hingga smartTV. Skype juga dapat digunakan untuk berbagi pesan teks.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa melakukan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel dan telepon rumah.

Belajar Online Gratis Cara Menggunakan Google Classroom buat Guru & murid

Previous article

Imbauan Social Distancing tak Dihiraukan Rakyatnya Inggris Langsung Lockdown Negaranya 3 Minggu

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *