Bisnis

Daihatsu Bidik Kaum Milenial di GIIAS 2019

Daihatsu secara khusus membidik kaum anak muda milenial pada pameran otomotif terbesar nasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung pada 18 28 Juli 2019 di ICE, BSD City, Tangerang Selatan. Hal itu juga didukung tampilan booth Daihatsu yang penuh motif warna warni plus cahaya neon yang artsy yang begitu semarak untuk kaum muda. “Sesuai tema Funtastic GenerasiON, kami ingin selalu memberikan program unggulan dan permainan interaktif untuk para pengunjung kawula muda dan keluarga. Kami berharap Sahabat Daihatsu dapat menikmati pengalaman mengesankan selama berada di booth Daihatsu,” ujar Chief Executive PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation Supranoto saat peresmian booth Dahatsu di GIIAS 2019, Kamis (18/7).

Booth Daihatsu di GIIAS 2019 dibuka secara resmi oleh Presiden Daihatsu Motor Company, Ltd., Jepang Soichiro Okudaira, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura, Chief Executive PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation Supranoto, dan sejumlah manajemen Daihatsu Indonesia lainnya. “Produk yang kami tampilkan di GIIAS ini juga disesuaikan dengan selera kaum muda,” kata Supranoto. Dijelaskan, tahun ini Daihatsu menampilkan total 12 unit mobil di booth Daihatsu eksibisi GIIAS 2019. Mobil yang dipamerkan itu yaitu 1 unit mobil konsep Hy Fun, 1 unit mobil model domestik Jepang, yaitu Tanto Custom, 1 unit Xenia modifikasi, dan 1 unit Sirion Artvatar yang dapat didesain sesuai kreatifitas dan selera pengunjung.

Daihatsu juga memamerkan tiga unit special edition yaitu Astra Daihatsu Ayla SE, Terios SE, dan Sirion SE, serta lima unit existing model seperti Xenia, Terios, Ayla, Sigra, dan Sirion. Supranoto optimistis, semua produk Daihatsu itu mampu diterima dengan baik oleh pengunjung GIIAS. Berdasarkan data yang dilansir manajemen Daihatsu di Indonesia, sepanjang semester pertama tahun ini, atau Januari hingga Juni 2019, penjualan ritel Daihatsu masih didominasi Sigra dengan torehan 26.118 unit (30 persen), diikuti oleh Gran Max (PU) dengan penjualan 16.538 unit (19 persen,), dan Xenia 12.485 unit (14 persen).

Untuk penjualan Ayla dan Terios berada di kisaran angka lebih dari 11.000 unit dengan kontribusi sekitar 13 14 persen. Namun, Supranoto menyatakan pihaknya tidak memberikan target tertentu untuk penjualan selama GIIAS 2019. Seperti tahun tahun penyelenggaraan GIIAS sebelumnya, Daihatsu tampil di pameran itu untuk memberi edukasi tentang kualitas produk yang andal. Termasuk tentang kemajuan riset dan teknologi yang dimiliki. Hal itu juga nampak di booth Daihatsu tahun ini. Kali ini booth Daihatsu dilengkapi dengan R&D (Research and Development) Corner yang memperlihatkan cara kerja Smart Assist, yaitu teknologi keamanan pintar, seperti brake assist, lane departure, error prevent, brake assist pedestrian, dan auto hi beam.

Teknologi ini dapat dilihat langsung pada miniatur mobil Daihatsu Tanto yang tersedia di R&D corner. “Bagi pengunjung yang penasaran rasanya naik mobil domestik Jepang yang berteknologi Smart Assist, tersedia unit test drive Tanto yang dapat dicoba untuk merasakan langsung fitur keamanan canggih dari mobil ini,” tambah Supranoto. Ia menjelaskan, sesuai dengan tema “Funtastic GenerasiON” yang diusung, Daihatsu mendandani booth 2A di area Hall 2 layaknya instalasi modern art yang saat ini digandrungi anak anak muda.

Nuansa ceria, aktif, dan youthful yang tercermin dari desain dan tata ruang ala Memphis langsung terasa begitu menginjakkan kaki di booth Daihatsu. “Memang, booth Daihatsu di GIIAS tahun ini dibuat untuk menyambut generasi milenial dan dinikmati seluruh sahabat Daihatsu,” tutur dia. Ditambahkan, selama pelaksanaan eksibisi GIIAS 2019, booth Daihatsu mengadakan berbagai program seru baik di atas panggung maupun di bawah panggung berupa game corner interaktif.

Terdapat juga After Sales Service (ASS) Corner yang didesain anti gravitasi, serta Fantastic Play Ground bagi pengunjung yang datang bersama keluarga dan membawa anak. Pada kesempatan yang sama, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan, penjualan otomotif nasional saat ini turun sekitar 11 persen. Namun, penjualan Daihatsu tidak separah penjualan nasional. Sepanjang Januari hingga Juni 2019, penjualan ritel nasional mencapai lebih dari 499.000 unit atau turun sekitar 11,1 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Tidak berbeda dengan whole sales nasional berada di angka lebih dari 481.000 unit atau turun sekitar 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Untuk penjualan Daihatsu, tambah Amelia, tercatat pada periode Januari hingga Juni 2019 total penjualan ritel mencapai 88.026 unit dan whole sales sebesar 87.023 unit. Ia menjelaskan, pada pasar otomotif nasional, Daihatsu berkontribusi 88.026 unit atau 17,6 persen untuk penjualan ritel, dan whole sales sebesar 87.023 unit atau sekitar 18 persen.

“Kami berharap, pada semester kedua membaik, terutama setelah masa Pemilu 2019 rampung. Kami berharap kondisi perekonomian membaik,” ujar Amelia.

Menperin: Toyota Siapkan 2 Juta Dollar AS untuk Produksi Mobil Listik di RI

Previous article

Ciuman Punya Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh, Satu di Antaranya Meningkatkan Imunitas

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *