Kesehatan

Cukup Biasakan Cuci Tangan hingga & Tidur Nyenyak Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba sering disebut sebagai peralihan satu musim ke musim lainnya. Umumnya cuaca menjadi tidak menentu ketika masuk musim pancaroba. Hal tersebut menuntut tubuh untuk menyesuaikan diri dalam waktu cepat.

Hal itu dapat mengakibatkan terganggunya daya tahan tubuh. Sudah menjadi hal umum jika musim pancaroba dikaitkan dengan munculnya berbagai penyakit. Namun tenang saja, berikut setidaknya terdapat tujuh tips menjaga kesehatan tubuh saat musim pancaroba sebagaimana dikutip dari , Selasa (10/12/2019).

Setiap masuk rumah harus selalu mencuci tangan. Meningkatnya interaksi sosial atau kegiatan di luar rumah, membuat meningkatnya paparan kuman. Sebaiknya sesampai di rumah, segeralah mencuci tangan.

Pada musim pancaroba cenderung saluran hidung dan tenggorokan mengering. Saluran hidung dan tenggorokan kering merupakan tempat paling disukai oleh bakteri. Setiap bangun tidur, pastikan meminum segelas air bersuhu ruangan.

Jus lemon juga lebih bagus. Jus lemon mengandung vitamin C yang akan membantu pulih dari pilek dan flu lebih cepat. Tidur nyenyak lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Ilmuwan tidur Patrick Fuller, seorang profesor neurologi di Harvard Medical School, melakukan hal yang sama setiap hari untuk memastikan tidur yang nyenyak. Dia bangun pada waktu yang sama setiap pagi, menghindari kopi setelah tengah hari. Berolahraga setidaknya 20 menit sehari.

Menghindari lampu lampu komputer dan gadget yang terang, setidaknya satu jam sebelum tidur. Baca: Jika ingin benar benar tetap sehat, pastikan selalu mewaspadai kuman di sekitar.

Kuman berada di mana saja, misal di alat olahraga, pena di teller bank, pagar, pintu, keranjang belanja, bahkan di ponsel kamu. Pastikan sebelum beristirahat kamu membersihkan diri terlebih dahulu. Penelitian oleh British Journal of Sports Medicine, menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu mencegah atau mengurangi durasi flu.

Berolahraga dapat membantu mengelola stres pada diri. Selain itu dapat membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Jika memiliki alergi musiman, carilah tahu mengenai alergimu itu.

Mempelajari alergi dapat membantu menangani atau menghidari kemungkinan terburuk saat musim pancaroba. Menutup jendela dan minta orang lain untuk memotong rumput atau berkebun bisa melindungi kamu yang alergi alergi serbuk sari. Jika merasakan gejala alergimu akan kambuh segeralah minum obat atau menemui dokter.

Baca: Makanan berikut telah terbukti dapat mencegah masuk angin dan flu. Masuk angin dan flu sering menyerang orang pada saat musim pancaroba.

Hal itu karena sebagian besar seseorang akan kehilangan kekebalan tubuh saat musim pancaroba. Berikut makanan penambah kekebalan tubuh: salmon, tiram, bawang putih, jeruk, adas, yogurt, kefir, teh, paprika merah, jamur, sayuran berdaun hijau, blueberry, cokelat hitam, wortel, ubi, dan oat.

Butuh Latihan Keterampilan Selama 10 Tahun buat Menjadi Chef 10 Fakta Unik Sushi

Previous article

Begini Kaitannya dengan Teori Oseanografi Fakta Temuan Ikan Oarfish sebagai Pertanda Gempa

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *