Kesehatan

Ciuman Punya Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh, Satu di Antaranya Meningkatkan Imunitas

Ciumanjuga punya banyak manfaatkesehatan bagi tubuh.Jadi, bukan sekadarmengekspresikan rasa cinta dan kemesraan. Penasaran apa saja keuntunganberciumandengan pasangan? Ciumantelah lama dianggap sebagai cara untuk memperkuat pertahanan tubuh sehingga virus bisa dilawan.

Riset dalamThe journal Medical Hypothesesmengatakan bahwa ciuman dapat meningkatkan kekebalan wanita dariCytomegalovirus. Ini adalah virus yang dapat menyebabkan kebutaan pada bayi dan terjadinya cacat lahir jika sang ibu terinfeksi virus ini saat hamil. Ciuman dapat membakar dua hingga enam kalori per menit.

Memang sih, jarang ada orang bisa berciuman lama, tapi jika kamu bisa melakukannya, ciuman selama satu jam dapat membakar kalori yang setara dengan jumlah kalori dalam permen atau setengah gelas anggur. Memiliki kulit kencang adalah dambaan setiap orang. Nah, jika ingin kulit terlihat kencang, jangan remehkan kekuatan ciuman. Menurut peneliti, 30 otot bekerja saat berciuman yang membantu menjaga pipi tetap kencang.

Tak ada yang lebih menyenangkan selain berada dekat orang yang dicintai dan berciuman mesra. Aktivitas ini meningkatkan kadar oksitosin, hormon yang menenangkan. Hormon lain yang bekerja saat berciuman adalah endorfin, yang akan meningkatkan perasaan nyaman, serta dopamin, sehingga kita merasa lebih dekat dengan pasangan. Antropolog Helen Fisher menyebut, ciuman dapat digunakan sebagai "alat menilai pasangan."

Sebagian besar bagian otak kita ternyata punya fungsi untuk merasakan sensasi dari sekitar bibir, pipi, lidah dan hidung. Ketika kita mencium seseorang, kita dapat melihat dan merasakan apa yang ada di dalam diri pasangan. Jadi, berciuman bukan hanya sekedar sentuhan fisik. Ini adalah cara mendalam untuk mempromosikan tentang siapa kita, apa yang kita inginkan, dan apa yang dapat kita berikan.

Peneliti lain mencatat berciuman adalah cara biologi untuk menentukan siapa yang paling sesuai dengan kita secara genetis. "Karena itu, apa yang terjadi selama ciuman pertama bisa membantu kita untuk memutuskan hubungan atau melanjutkannya," tambahnya. MenurutDental Health Magazine, ciuman mendalam meningkatkan aliran air liur, yang membantu menjaga mulut, gigi, dan gusi tetap sehat.

Cairan tambahan membantu menyingkirkan partikel makanan di gigi kita, dan menstimulasi sistem kekebalan, membantu tubuh kita melawan infeksi. Tidak ada yang lebih baik dari berciuman dengan pasangan setelah hari yang panjang dan penuh tekanan. Selain melepaskan hormon oksitosin, ciuman juga dikaitkan dengan penurunan hormon stres kortisol. Ini juga dapat meningkatkan kadar serotonin, yang mengarah pada perasaan tenang dan puas.

Kita mungkin telah memperhatikan ciuman membuat jantung berpacu dengan keras. Tentu saja ini hal yang baik. Detak jantung yang meningkat menyebabkan pembuluh darah melebar. Inilah yang membuat darah mengalir lancar ke organ organ tubuh dan membantu mengurangi tekanan darah.

Apalagi, tingkat hormon stres kortisol yang berkurang berkat ciuman juga bisa mengatasi masalah tekanan darah. Bukan cuma mitos, tapi ciuman bisa meningkatkan aliran darah yang ampuh mengurangi rasa sakit dan nyeri, terutama sakit kepala.

Daihatsu Bidik Kaum Milenial di GIIAS 2019

Previous article

Kenapa Sebagian Orang Mengantuk Setelah Makan Siang?

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *