Kesehatan

Cara Pencegahan Penyakit Hepatitis A Kenali Gejala Awalnya Tips Kesehatan

Simak cara pencegahan penyakit Hepatitis A serta kenali gejala awalnya. Sekitar 1,4 juta kasus Hepatitis A terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya. Jika Anda merasakan gejala gejala Hepatitis A, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Berikutbeberapa gejala awal beserta cara pencegahan PenyakitHepatitis A, dikutip dari healthline.com , Jumat (6/12/2019). Beberapa anak yang menderita Hepatitis A biasanya tidak menunjukkan gejala sama sekali. Sedangkan gejala yang paling mencolokadalah penyakit kuning.

Dintandai dengan perubahan warna kuning pada kulit atau mata. Tanpa tanda tanda penyakit kuning, sulit untuk mendiagnosis segala bentuk Hepatitis melalui pemeriksaan fisik saja. Gejala ini biasanya muncul 15 hingga 50 hari setelah Anda tertular virus tersebut.

Flu (demam, kelelahan, sakit tubuh) Mual Sakit perut

Urin berwarna kuning gelap Diare Feses berwarna terang atau berwarna tanah liat

Hilangnya selera makan Penurunan berat badan Penyakit kuning (kulit atau mata menguning)

Cara yang paling utama untuk mencegah Hepatitis A adalah dengan mendapatkan Vaksin Hepatitis A. Vaksin ini memberikan kekebalan aktif terhadap infeksi virus. Vaksin juga melindungi dari HAV, pada lebih dari 95% kasus selama lebih dari 25 tahun.

Vaksin diberikan melalui suntikan, dosis awal memberikan perlindungan yang berlangsung satu tahun mulai 2 4 minggu setelah vaksinasi. Dosis penguat kedua, diberikan 6 12 bulan kemudian, memberikan perlindungan selama lebih dari 20 tahun. Vaksin ini diperkenalkan pada tahun 1992.

Pada awalnya direkomendasikan untuk orang yang mengidap Hepatitis A berisiko tinggi. Untuk membatasi kemungkinan besar tertular Hepatitis A, Anda harus mencegahnya dengan cara berikut ini: Hindari makanan dan minuman yang tidak higienis.

Selalu cuci tangan dengan bersih menggunakan sabun sebelum makan atau minum, setelah menggunakan kamar mandi, terkena darah, feses, atau cairan tubuh orang yang terinfeksi Hepatitis A. Hindari makan buah dan sayuran mentah atau dikupas dengan sanitasi rendah (standar higienis). Dengan beristirahat, tubuh Anda kemungkinan besar akan pulih sepenuhnya dari Hepatitis A.

Tidak ada konsekuensi jangka panjang negatif dari virus ini. Setelah tertular Hepatitis A, tubuh Anda akan membangun kekebalan terhadap penyakit. Sistem kekebalan yang sehat akan mencegah penyakit berkembang.

Mensesneg wajib Lebih Efektif Berkoordinasi dengan Publik & MPR Ahmad Basarah

Previous article

Latihan Mudah Cardio Pembakaran Lemak Tanpa Gunakan Bantuan Alat

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *