Pendidikan

Cara Memilih Perguruan Tinggi Swasta, Cek Akreditasi hingga Lokasi

Seleksi SBMPTN telah usai dilaksanakan. Banyaknya persaingan serta terbatasnya kapasitas masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) membuat calon mahasiswa harus memikirkan alternatif lain untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi. PTS atau Perguruan Tinggi Swasta yang berada di dalam negeri bisa menjadi pilihan yang dapat ditempuh.

Meski banyak anggapan bahwa PTS kurang bersaing, namun dalam kenyataannya banyak PTS yang memiliki jurusan dengan kualitas yang tidak kalah dengan PTN. Memilih strategi yang tepat dapat membuat calon mahasiswa dapat memperoleh jurusan di PTS yang menjanjikan dan menjamin mutu pendidikan hingga jenjang karir yang menggiurkan. Hal pertama yang harus dilihat adalah akreditasi pada sebuah PTS tersebut.

Akreditasi merupakan standar ditentukan pemerintah untuk menunjukkan kualitas perguruan tinggi. Dalam sistem akreditasi, ada tiga tingkat yang harus diketahui, yaitu akreditasi A (sangat baik), akreditasi B (baik), dan akreditasi C (cukup). Calon mahasiswa bisa melihat peringkat akreditasi kampus di laman resmi .

Dalam memilih dan mendaftan perguruan tinggi swasta juga harus berhati hati, karena setiap jurusan memiliki akreditasi yang berbeda beda. Ada baiknya memastikan akreditasi jurusan yang dipilih juga bagus karena hal tersebut turut memengaruhi kemudahan dalam mencari pekerjaan. Tingginya peringkat dari sebuah kampus juga dipengaruhi oleh kualitas PTS yang mumpuni.

Sayangnya, banyak orang tua mahasiswa yang tidak memerdulikan hal tersebut karena sering dianggap kurang penting. Calon mahasiswa yang benar benar ingin mengetahui bisa mencari tahu melalui laman resmi berbagai lembaga, misalnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Webometrics. Kesuksesan alumni dari suatu jurusan di PTS juga dapat memengaruhi pilihan seseorang.

Jika terdapat banyak alumni yang berprestasi dan berkualitas bagus, maka otomatis akan menjadi rujukan bagi para calon mahasiswa untuk memilihnya. Mencari rekomendasi PTS kepada alumni ataupun orang lain bisa jadi pertimbangan untuk memilih tempat untuk kuliah. Bukan hanya dari alumni, mahasiswa aktif dalam sebuah PTS juga bisa memberikan rekomendasi tentang ekosistem kampus yang dapat memberi referensi pada calon mahasiswa untuk memilih PTS.

Carilah referensi sebanyak banyaknya tentan PTS yang berada di sekitar kota tempat tinggal sesuai jurusan yang menjadi minat dan pilihan, dengan mempertimbangkan kualitas PTS tersebut. PTS di luar kota juga bisa menjadi pilihan, namun dengan biaya tambahan jika memilih PTS diluar kota tempat tinggal. Calon mahasiswa juga bisa mencari informasi untuk biaya tempat tinggal, kebutuhan sehari hari, dan kebutuhan lainnya.

Anggapan tingginya biaya kuliah yang disebabkan oleh tingginya kualitas pembelajaran tidak sepenihnya benar. Demikian pula anggapan PTS lebih mahal daripada PTN. Tidak semua PTS mempunyai biaya kuliah yang mahal jika dibandingkan dengan PTN.

Banyak PTS yang menerapkan biaya yang terjangkau dengan kualitas yang bisa bersaing dengan PTN.

Maverick Vinales Masuk Finis di Urutan Enam MotoGP Italia 2019

Previous article

Luhut Saksikan Sby Cium Kening Dan Beri Bisikan Terakhir Untuk Ani Yudhoyono Saya Kehabisan Kata Kata

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *