Travel

Butuh Latihan Keterampilan Selama 10 Tahun buat Menjadi Chef 10 Fakta Unik Sushi

<span ></span>Sushimerupakan kuliner yang wajib kamu coba saat liburan ke Jepang. Meski saat ini sushi sudah banyak ditemukan di Indonesia, tapi tak ada salahnya mengetahui beberapa fakta unik sushi. Setelahmengetahui beberapa fakta unik sushi bisa membuat kamu tidak salah mengenal kuliner khas Negeri Sakura ini.

Berlawanan dengan pendapat umum yang menyatakan sushi berarti ikan mentah, kata 'sushi' sebenarnya bermakna lain. Yakni, mengacu pada nasi matang yang dibumbui dengan cuka, gula, dan garam, dan diisi dengan bahan lain seperti berbagai jenis seafood dan sayuran. Sushi tidak harus dibumbui dengan cuka beras saja.

Sushi juga bisa dibumbui dengan variasi lainnya dan menggunakan air perasan jeruk atau lemon untuk memberi rasa pada nasi. Jepang juga menggunakan buah jeruk Yuzu untuk membumbui sushi. Potongan mentah daging dan ikan yang sering disalahpahami dengan sebutan sushi sebenarnya adalah sashimi.

Kata 'sashimi' memiliki arti yang cukup harfiah. Yakni, kata 'sashi' berarti 'diiris' atau 'ditusuk', sedangkan kata 'mi' berarti "tubuh". Untuk menggulung sushi dengan sempurna, dibutuhkan waktu 10 tahun untuk berlatih.

Seorang koki sushi berlatih secara ekstensif selama dua tahun tentang nuansa dalam proses pembuatan Sushi. Mereka baru boleh bekerja hanya setelah pelatihan ini selesai. Harga tertinggi yang pernah dibayar untuk sushi Bluefin Tuna adalah 396 ribu dolar AS untuk ikan seberat 342 kilogram.

Hal ini berarti ikan tersebut dihargai 1.158 dolar AS per kilogramnya. Tuna ini dijual pada 4 Januari 2011 di Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo. Diyakini, pisau yang digunakan oleh koki pembuat sushi adalah keturunan langsung dari pedang samurai, dan pisau secara tradisional harus diasah setiap hari untuk memotong ikan.

Bahan pembuatan maki zushi atau sushi gulung dipilih oleh seorang master sehingga rasa, tekstur, dan bahkan warnanya bisa saling melengkapi. Alas bambu yang membentuk sushi gulung seperti silinder disebut makisu dalam bahasa Jepang. Itulah kenapa sushi yang satu ini disebut maki zushi.

Tahukah kamu? Sushi yang disimpan di freezer mulai berubah asam dan kehilangan rasa. Ikan yang digunakan dalam sushi menjadi teroksidasi setelah dipotong dan terpapar udara.

Hal inilah yang membuatnya asam dan oleh karenanya harus dimakan segera setelah disiapkan. Orang Jepang biasanya makan kaldu sup miso di bagian akhir acara makan untuk membantu pencernaan. Sebenarnya, cara tradisional dan benar untuk makan sushi adalah dengan tangan.

Sumpit biasanya hanya digunakan untuk makan sashimi; irisan ikan mentah.

Animo Masyarakat Menggunakan Kendaraan Listrik Meningkat

Previous article

Cukup Biasakan Cuci Tangan hingga & Tidur Nyenyak Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Pancaroba

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *