Kesehatan

Bisa Jadi itu Gejala Penyakit Lyme Kenali Tahapan Infeksi & Cara Mengobatinya Ada Ruam di Kulit

Penyakit Lyme termasukpenyakit yang dapat menular melalui kutu. Tanda infeksi yang paling sering terlihat adalah area kemerahan yang meluas pada kulit. Dampak dari gigitan kutu tidak langsung terlihat, melainkan butuh waktu yang lama.

Kenali gejala penyakit Lyme supaya bisa melakukan penanganan dengan segera. Dikutip dari webmd.com , penyakit Lyme disebabkan oleh bakteri, Borrelia burgdorferi yang ditularkan ke manusia melalui gigitan kutu berkaki hitam atau kutu yang terinfeksi. Gejala dapat terjadi mulai 3 hingga 30 hari setelah gigitan dan dapat luas, tergantung pada tahap infeksi.

Dalam beberapa kasus, gejala dapat muncul berbulan bulan setelah gigitan. Kutu berkaki hitam harus menempel selama 36 hingga 48 jam untuk menularkan penyakit Lyme. Spesialis penyakit menular Cleveland Clinic, Alan Taege, MD menyebut sebelum menempel dalamwaktu 48 jam, kemungkinan besar tidak akan terinfeksi.

Tanda dan gejala awal termasuk demam, kedinginan, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot dan persendian, dan pembengkakan kelenjar getah bening. 80 persen infeksi Lyme, ruam adalah salah satu gejala pertama. Sakit kepala parah atau leher kaku

Ruam pada area lain dari tubuh Artritis dengan nyeri sendi yang parah dan pembengkakan, terutama di lutut Kehilangan tonus otot atau "terkulai" pada satu atau kedua sisi wajah.

Jantung berdebar atau detak jantung tidak teratur Peradangan otak dan sumsum tulang belakang Sakit, mati rasa, atau kesemutan di tangan atau kaki

Sekitar 20 persen hingga 30 persen ruam Lyme memiliki bentuk seperti mata banteng lingkaran konsentris di sekitar titik pusat, tetapi sebagian besar berbentuk bulat dan berwarna merah dan berukuran sekitar 5 sentimeter. Ruam mengembang secara bertahap selama beberapa hari dan dapat tumbuh sekitar 12 inci. Mungkin terasa hangat saat disentuh, tetapi jarang terasa gatal atau menyakitkan, dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun.

Gejala mirip flu seperti demam, menggigil, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, dan biasanya ada ruam yang berbentuk seperti mata banteng atau bundar, merah, dan berukuran minimal 5 sentimeter. Flu gejala yang termasuk rasa sakit, weaknessor mati rasa di lengan dan kaki, perubahan visi, jantung berdebar debar dan nyeri dada, ruam, dan kelumpuhan wajah (Bell palsy). Gejala penyakit Lyme dapat diketahui selang waktu yang lama hinga bertahun tahun setelah gigitan kutu.

Gejala yang terjadi di antaranya radang sendi, kelelahan parah dan sakit kepala, vertigo, gangguan tidur, dan kebingungan mental. Antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi Lyme tahap awal. Pasien biasanya menggunakan doksisiklin selama 10 hari hingga 3 minggu, atau amoksisilin dan sefuroksim selama 2 hingga 3 minggu.

Untuk penyakit Lyme diseminata lebih dini, yang dapat terjadi ketika infeksi Lyme tidak diobati, antibiotik oral direkomendasikan untuk gejala seperti kelumpuhan wajah dan irama jantung yang tidak normal. Antibiotik intravena direkomendasikan bagi seseorang yang menderita meningitis, radang selaput otak dan sumsum tulang belakang, atau masalah jantung yang lebih parah. PadaLyme stadium akhir, seorang pasien dapat menerima antibiotik oral atau intravena.

Pasien dengan artritis yang menetap akan menerima pengobatan artritis standar .

TNI Pastikan Tak Tarik Kapal Patroli Sampai Situasi Normal hingga Pernyataan Baru China Soal Natuna

Previous article

Membaca Data Hanya di Permukaan Gerindra Sebut Ada Unsur Serangan Politik terhadap Anies Baswedan

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *