Otomotif

Berkendara Saat Hujan & Kabut Mana yang Lebih Baik Lampu LED atau Bohlam

Musim penghujan segera tiba,pengguna mobil maupun motor sebaiknya meningkatkan kewaspadaan saat berkendara. Terutama saat harus berkendaradi tengahhujan yanglebat. Pasalnya selain jalan yang menjadi licin, hujan lebat juga mampu mengurangijarak pandang.

Apalagi saat ini banyak motor atau mobil yang dibekalilampu LEDbercahaya putih. Tahu enggak sih, kemampuan cahaya LED berwarna putih sebenarnya masih kalah lo dengan cahaya kuning dari lampubohlamkonvensional. Masak sih LED kemampuannya kalah dengan lampu konvensional yang notabene lebih 'kuno'?

Hal tersebut kembali lagi lantaran LED yang diberikan oleh pabrikan, cahayanya cenderung berwarna putih. Cahaya putih memang bikin terihat lebih modern dan terang, namun saat menghadapi cuaca berkabut atau hujan deras, sifatnya cahaya putih menjadi seperti cermin. "Saat kena media udara seperti hujan atau kabut tidak akan maksimal, karena sebagian justru mantul ke arah pengendara sendiri," ujar salah satu koordinator Autovision di MGK Kemayoran.

Selain itu, pada dasarnya mata manusia lebih mudah melihat cahaya yang panjang gelombangnya tinggi. Contoh warna yang memiliki panjang gelombang tinggi dimulai dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan seterusnya. Penggunaan lampu berwarna kuning akan menghilangkan warna biru dan violet dari spektrumnya.

Bingung samapenjelasannya?Begini,ilustrasi mudahnya coba kamu perhatikan saat lampu berwarna putih atau biru dalam menembus kabut. Kamu bakal melihatmenemukan pantulan warna putih atau biru tersebut yang disebut 'glare'. Saat hujan atau kabut, sinar putih akan memantul seperti cermin.

Kondisi tersebut membuat pengendara akan silau yang membuat jarak pandang makin terganggu. Nahlampu kuning justru memiliki pancaran sinar yang baik untuk menembus hujan atau kabut. Dengan menghilangkan warna biru dan putih, maka fenomena glare akan diminimalisir.

Pada mobilsih menembus hujan memang relatif lebih aman karena adafoglampyang sorotan cahayanya lebih fokus. Namun bagi pengguna motor denganlampu LEDberwarna putih, tetap wajib hukumnya untuk meningkatkan kewaspadaan kala berkendara ditengah hujan. Atau kalau keadaannya memungkinkan mending cari tempat berteduh dulu ya, bar aman.

Gelaran Perdana ‘Indonesia Truck & Pick Up Auto Show 2019’ Akan Hadir di Purwokerto

Previous article

KPK Klarifikasi Harta 35 Pejabat di Makassar

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *