Kesehatan

Bercak Hitam Pada Kulit Muka Bisa Diatasi dengan Obat Hingga Terapi Khusus

Munculnya pigmentasi berupa bercak bercak hitam atau gelap pada kulit atau yang disebut melasma kerap mengurangi rasa percaya diri. Kondisi itu bisa diatasi dengan terapi khusus. Dr. Sammy Yahya, Sp.KK dari SKINDA Medical Skin Care & Dermatology Center menyebutkan bercak hitam tersebut sebenarnya bisa disembuhkan dengan cara kombinasi obat topikal, oral, dan prosedur penggunaan obat oles yang tepat. Kemudian agar lebih optimal bisa ditambahkan dengan treatment pelengkap seperti terapi peeling kimiawi dan laser.

“Kombinasi perawatan di atas merupakan pilihan terbaik untuk hasil maksimal. Follow up yang rutin juga sangat diperlukan terutama untuk mengevaluasi perkembangan penyakitnya karena melasma sering rekurens,” kata dr. Sammy saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019). Agar bercak bercak lebih cepat hilang selama masa pengobatan disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan terlebih dulu, bisa melindungi dengan penggunaan topi dan penutup kepala atau payung. Proteksi lainnya adalah dengan menggunakan sun screen dengan SPF minimal 30, pilih yang bahannya cocok dengan kulit agar tidak menimbulkan iritsi yang akan membuat bercak bertahan lebih lama.

“Perawatan sebaiknya dilakukan secara teratur untuk memiliki kulit yang sehat,” kata dr. Sammy. Bercak bercak gelap pada kulit itu bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari faktor genetik, sinar uv, kehamilan, terapi hormonal, obat obatan, dan kosmetik. Bahkan, penyakit tiroid juga dikaitkan dengan masalah kulit melasma.

Ramalan Zodiak Besok Sabtu 7 September 2019: Libra Dilamar Pacar, Aquarius Terima Kejutan

Previous article

RPC ‘Maybank Marathon Bali 2019’, Maybank Perkenalkan Aplikasi Mobile Banking ‘M2U’

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *