Otomotif

APM Siap Gunakan B30, Ini Permintaan Gaikindo ke Pemerintah

Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) saat ini tengah mengikuti uji coba menggunakan bahan bakar B30. Uji coba ini sekaligus cara APM untuk menemukan formula yang tepat untuk engine kendaraan mereka saat menggunakan B30. Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengatakan peralihan ke B30 memerlukan waktu lama.

Menengok perjalanan pengujian B30 terhadap kendaraan inilah, Gaikindo beserta para APM meminta waktu kepada pemerintah untuk melakukan penyesuaian. "Ada empat atau lima merek yang ikut uji coba. Silakan, justru itu yang saya minta kepada pemerintah, kasih kita waktu. Merek ini perlu waktu untuk uji coba, untuk mengatur engine itu supaya tahan pakai B30," terang Jongkie di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019). Jika nantinya telah ditemukan engine yang pas, menggunakan bahan bakar B30 maupun B100 tak akan menjadi kendala.

Kemudian, Gaikindo juga menginginkan komitmen pemerintah jika nantinya para APM siap menggunakan B30. Komitmen yang diminta Gaikindo ialah penyediaan serta distribusi B30 harus merata di seluruh Indonesia. "Yang lebih penting lagi buat kita juga, komitmen pemerintah untuk distribusi B30 ada dimana mana. Itu juga bukan berarti setiap SPBU harus ada. Tapi ini contoh, misal di Makassar ada 100 SPBU, ya 10 atau 20 lah jual B30. Nggak usah semua dulu, tapi ada di sana," jelasnya.

Kreativitas Generasi Masa Kini Tidak Bisa Didapatkan Jika Hanya Berdiam Diri Dalam Kelas atau Kampus

Previous article

Himpunan Pengusaha Online Internasional Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke 74

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *