Bisnis

AP II Harapkan Sinergi & SDM Unggul buat Kebutuhan Industri Kerja Sama dengan UNJ

PT Angkasa Pura II (Persero) baru saja menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam bersinergi demi pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul di industri penerbangan. Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa saat ini pihaknya memang tengah menggalang masukan dari banyak pihak untuk mewujudkan Smart Connected Airport 4.0 yang berbasis teknologi. Ia kemudian menjelaskan kerja sama dengan UNJ ini merupakan penerapan dari penyempurnaan konsep dari program tersebut.

Di mana perseroan menggunakan konsep pentahelix yang menyeimbangkan kerja sama dengan lintas sektor, yakni akademisi, pelaku usaha, komunitas, regulator serta media. "Jadi kalau stakeholders kita itu berbasis pentahelix, satu dari akademisi atau perguruan tinggi, kedua dari pelaku usaha atau business player, ketiga itu dari komunitas, keempat itu dari regulator dan yang kelima itu dari media," jelas Awaluddin. Ia kemudian menuturkan bahwa sebenarnya AP II telah melakukan roadshow untuk memperoleh saran dari lingkungan akademisi terkait perubahan seperti apa yang harus dilakukan, khususnya terkait transformaai digitalisasi.

Termasuk di UNJ, AP II baru saja menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk 'Airport 4.0: Technology for the Future Airport'. "Nah jadi kalau hari ini saya di kampus UNJ, ini sebenernya kampus yang ke sekian lah yang sudah kita keliling, kita roadshow, kita diskusi seperti (FGD) tadi ini, dan banyak sekali masukan masukan dari sisi kepentingan stakeholders itu mendukung perubahanlah dan kemudian improvement penyempurnaan dalam konteks kebandarudaraan," kata Awaluddin. Sehingga Awaluddin menekankan ada dua hal yang menjadi poin penting dalam penandatanganan MoU antara AP II dengan UNJ.

Kedua hal itu adalah sinergi kedua pihak dan pemberian insight atau masukan kepada UNJ terkait kebutuhan industri saat ini. Sehingga kampus negeri ini dapat menciptakan SDM Unggul yang bisa memiliki kompetensi dan langsung mengisi industri industri yang dibutuhkan. Dalam hal ini kerja sama bisa dilakukan dalam bidang art, culture and tourism.

"Satu, bagaimana perguruan tinggi dan operator atau operasi kebandarudaraan itu bisa bersinergi. Nah yang kedua, kami juga bisa memberikan masukan ke dunia kampus, bagaimana peran dunia kampus itu, juga apa yang dilakukan itu sejalan dengan program yang dibutuhkan industri?," papar Awaluddin. Karena kebutuhan industri sangat dinamis, sehingga dunia kampus juga harus menyeimbangkan sisi dinamis tersebut. "Nah kita akan menindaklanjuti dengan berbagai program kerja sama yang setelah MoU ini akan kita lakukan," pungkas Awaluddin.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) sejak 2016 hingga kini fokus menjalankan transformasi digital guna mempercepat peningkatan standar operasional dan pelayanan di bandara bandara perseroan. Transformasi digital yang dilakukan ini juga sejalan dengan upaya perseroan menjadi The Best Smart Connected Airport Operator in The Region. Selain itu, digitalisasi di bandara bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan traveler atau penumpang pesawat saat ini yang sekitar 60 70 persen berasal dari kalangan milenial.

Adapun Bandara Internasional Soekarno Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia dan salah satu tersibuk di dunia, menjadi tempat dalam mengembangkan platform digital kebandarudaraan sebelum nantinya digunakan di bandara lain. Konsep yang dikembangkan di Angkasa Pura II ini disebut dengan “Digitally Ready Enterprise” dengan mengedepankan pemanfaatan state of the art technology dalam implementasi transformasi digital perusahaan. Dalam upaya realisasi konsep ini, perseroan pun turut menggandeng berbagai pihak termasuk perguruan tinggi.

Sejumlah konsep atau produk pun telah dilahirkan dari transformasi digital yang dijalankan Angkasa Pura II dan sudah diimplementasikan di Bandara Soekarno Hatta untuk aspek operasional dan pelayanan.

Kawasaki Ninja ZX-25R 4 Silinder Kabarnya akan Dijual di Atas Rp100 Juta

Previous article

Jakarta BNI 46 vs SBS Minggu 2 Februari Jadwal Siaran Langsung Proliga 2020 Live iNews TV

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *