Lifestyle

Agar Tidak Body Shaming, Hindari Mengomentari Fisik Orang Lain di Awal Pertemuan

— Body shaming atau perilaku mengkritik fisik orang lain tidak disadari sering kita lakukan ketika berjumpa dengan keluarga atau teman. Misalnya saat bertemu keluarga atau teman di acara arisan, usai menanyakan kabar biasanya diikuti dengan mengomentari fisik seperti mengenai bobot tubuh. Sebagai psikolog Roslina Verauli, M.Psi menyebutkan topik mengenai fisik itu adalah topik yang sifatnya personal yang seharusnya tidak dibahas di depan umum.

Sayangnya orang Indonesia memiliki sikap yang merasa dirinya akrab dengan orang lain sehingga mengomentari soal tubuh dianggap tdiak masalah jika diucapkan di depan orang banyak. “Orang Indonesia budaya kolektifnya suka merasa akrab padahal gak terlalu kenal, dan soal tubuh itu kan personal banget,” kata Vera saat ditemui di konferensi pers Film ‘Imperfect’ di Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019). Untuk menghindari body shaming cobalah menghindari bahasan pembicaraan mengenai tubuh misalnya membicarkan mengenai suasana ketika bertemu atau baju yang digunakan.

“Coba improve obrolan pertama kita saat bertemu orang lain, gampang misalnya baju beli dimana, atau bahas apa yang lagi ada di sekitar kita,” ungkap Vera. Hindarilah mengomentari fisik seseorang karena bisa membuat mereka yang dikomentai tubuhnya tidak menerima diri sendiri yang jika tidak mampu menangani tekanan bisa melakukan perbuatan yang menyakiti diri sendiri. “Intinya ketika seseorang dikatain tentang tubuh dan terganggu itu body shaming dan paling buruknya adalah orang gak mampu terima gak nerima dirinya sendiri bisa bunuh diri,” pungkas Vera.

Mengenal Gus Miftah, Pembimbing Deddy Corbuzier Jadi Mualaf, Tren karena Dakwah di Hiburan Malam

Previous article

Ahli Ungkap Anak Muda Zaman Sekarang Berisiko Miliki Tanduk di Tengkorak Akibat Penggunaan Handphone

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *