Kesehatan

9 Manfaat Rambutan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Turunkan Berat Badan hingga Bersihkan Ginjal

Tahukah kamu bahwa buah rambutan bermanfaat turunkan berat badan hingga bersihkan ginjal? Rambutan adalah buah eksotis dengan rasa manis dan berair. Rambutan umumnya dimakan mentah secara langsung.

Namun, ada pula yang mengonsumsi rambutan dengan menjadikannya asinan. Rambutan mengandung sedikit serat makanan, protein, dan karbohidrat serta sejumlah vitamin B dan vitamin C tingkat tinggi. Selain itu, rambutan juga kaya akan magnesium, mangan, natrium, fosfor, kalium, dan seng.

Antioksidan dan senyawa unik seperti vanillin dan asam sinamat dalam rambutan berkontribusi besar bagi kesehatan. Satu porsi 100 gram rambutan hanya mengandung 75 kalori. Kandungan itu dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena rambutan dapat membuatnya kenyang.

Rambutan mengatur proses pencernaan dan mengoptimalkan pencernaan nutrisi sehingga karbohidrat lebih sedikit diubah menjadi lemak. Rambutan mengandung tembaga dan zat besi, yang keduanya dibutuhkan dalam produksi sel darah merah dan putih di tubuh kita. Tembaga adalah mineral yang membantu tubuh Anda menggunakan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin sehingga dapat memproduksi lebih banyak sel darah merah dan putih yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Asam galat adalah senyawa organik yang ditemukan di kulit rambutan. Menurut penelitian, senyawa ini dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif dan bisa menjadi obat yang kuat melawan kanker. Protein dalam rambutan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan karena dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi setiap sel, jaringan, otot, dan setetes darah.

Rambutan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain itu, dapat memotong pembengkakan di tangan dan kaki yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk di dalam tubuh. Buah rambutan memiliki sifat anti parasit yang dapat membantu membunuh parasit usus dan membantu dengan gejala demam dan diare.

Rambutan memiliki kandungan air yang tinggi yang membantu mengembalikan energi yang telah Anda gunakan. Selain itu, karena kaya akan karbohidrat dan protein, buah ini dapat membantu mencegah kembung. Rambutan mengandung fosfor dalam jumlah tinggi yang secara efektif membantu menyaring masalah kotoran.

Rambutan adalah sumber serat larut dan tidak larut yang baik, yang dapat mencegah sembelit dan meningkatkan gejala gangguan usus tertentu. Berikut adalah nilai gizi buah rambutan per 100 gram. Pertama, detail kalori dan makronutrien;

Kalori: 68 kkal Karbohidrat: 16 g Serat: 2,8 g

Gula: 13,2 g Lemak: 0,3 g Protein: 0,9 g

Kandungan vitamin dan mineral per 100 g buah rambutan: Vitamin C: 66 persen Mangan: 10 persen

Tembaga: 9 persen Kalium: 5 persen Magnesium: 4 persen

Vitamin B2: 4 persen Vitamin B3: 4 persen Besi: 3 persen

Fosfor: 2 persen Kalsium: 1 persen Vitamin B1: 1 persen

Seng: 1 persen Berdasarkan jumlah gizi tersebut, dapat diketahui buah rambutan mengandung banyak zat gizi mikro. Namun, satu satunya nutrisi dari signifikansi nyata adalah vitamin C (asam askorbat), yang menyumbang dua pertiga dari RDA per 100 gram.

Akibatnya, rambutan bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang menikmati buah dan ingin menambah asupan vitamin C. Asalkan Anda tidak makan biji (sedikit beracun), tidak ada poin negatif tentang buah tropis ini. Menariknya, dibandingkan dengan buah buahan tropis lainnya, rambutan relatif rendah dalam fruktosa / gula buah.

Setelah serat diperhitungkan, rambutan menyediakan sekitar 13 gram karbohidrat bersih.

Putri STKIP Pasundan Tantang Universitas Trisakti Jakarta di Liga Mahasiswa Final Badminton National

Previous article

6 Cara Atasi Kebosanan Saat Naik Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *