Techno

3 Alasan Jogja Ideal buat Berkarier di Bidang Teknik & TI

Selain terkenal sebagai Kota Pelajar, kota Yogyakarta juga ternyata merupakan lahan subur untuk kamu yang mau berkarier di bidang teknik dan teknologi informasi (TI). Bahkan, Yogyakarta disebut sebut sebagai salah satu daerah yang cukup siap menghadapi perkembangan industri 4.0. Membangun karier di bidang teknik dan TI memang cukup menjanjikan di era digital. Pasalnya, industri saat ini terus bertransformasi dan semakin digerakkan oleh komputer dan kecerdasan buatan.

Maka itu, tak heran bila saat ini ada banyak lowongan kerja di Yogyakarta yang terbuka di industri ini. Lebih dalam lagi, berikut penjelasan mengapa Yogyakarta dinilai ideal untuk berkarier dalam bidang teknik dan TI. Melansir sebuah rilis dari , lapangan usaha informasi dan komunikasi menyumbang andil terbesar kedua bagi pertumbuhan ekonomi di provinsi ini. Data dari triwulan kedua 2019 ini mencatat laju pertumbuhan industri informasi dan komunikasi di DI Yogyakarta sebesar 0,82%.

Artinya, seluruh ekosistem ekonomi di Yogyakarta mendukung pertumbuhan informasi dan komunikasi. Banyak lapangan kerja yang bergerak di bidang ini dan bisnisnya sendiri pun terus mengalami pertumbuhan yang positif. Tak heran jika semakin banyak tenaga ahli TIK yang dibutuhkan di kota Yogyakarta. Karenanya, di bidang ini akan terus bertambah dan bervariasi mengikuti kebutuhan setiap perusahaan. Menurut catatan (BEKRAF) tahun 2018, ada lebih dari 50 startup yang berdomisili di Yogyakarta. Bidangnya pun beragam. Mulai dari e commerce, gaming, fintech , dan lainnya.

Jumlah startup ini akan terus meningkat. Pasalnya, Yogyakarta merupakan satu dari tiga kota yang disasar BEKRAF untuk program . Program ini dirancang untuk mematangkan calon calon sumber daya manusia yang akan membangun startup di kota masing masing. Dengan dukungan pemerintah, pertumbuhan startup di Yogyakarta akan semakin subur. Tumbuhnya startup startup baru tentu memerlukan dukungan tenaga teknik dan TI yang siap menjawab berbagai tantangan di era digital ini. Dikutip dari , Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau IP TIK adalah standar untuk mengukur tingkat pembangunan teknologi informasi dan komunikasi suatu wilayah, kesenjangan digital, serta potensi pengembangan TIK.

Nah, DI Yogyakarta ternyata menempati urutan kedua sebagai provinsi dengan IP TIK tertinggi di Indonesia. Menurut data dari Badan Pusat Statistik dalam survei terakhir tahun 2017, IP TIK provinsi DI Yogyakarta ada di angka 6,09. Nilai ini bahkan lebih tinggi dari rata rata IP TIK Indonesia yaitu 4,99. Sedangkan provinsi yang menduduki peringkat pertama IP TIK yaitu DKI Jakarta dengan nilai 7,61. Karena itu, kamu yang ingin mengembangkan skill teknologi informasi dan komunikasi di Yogyakarta bisa punya banyak kesempatan menarik. Kamu juga dapat mencari TIK di Yogyakarta untuk menambah pengalaman dan keahlian di bidang ini.

Siap meniti karier di bidang teknik atau TI? Pastikan kamu mencari informasi lowongan kerja di Yogyakarta dengan portal pencari kerja yang terpercaya seperti Glints, ya. Glints menawarkan berbagai peluang karier yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Yuk, maksimalkan potensi dirimu dengan membangun karier yang kamu impikan!

Hindari 5 Hal Jika Tak Ingin Terjangkit Virus Pakai Masker yang betul buat Mencegah Virus Corona

Previous article

GP Ansor Korea Selatan Gelar Diklat Terpadu Dasar di Ansan Bikin Bangga Gus Yaqut

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *